Musibah perspektif Tafsir Maqasid Ibn Ashur dan Relevansinya dengan covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusron, Mochammad Solahuddin (2022) Musibah perspektif Tafsir Maqasid Ibn Ashur dan Relevansinya dengan covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Solahuddin Yusron_E93217075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Musibah merupakan suatu hal yang tidak pernah lepas dari setiap manusia yang lahir didunia ini, ketika mendengar kalimat musibah sejumlah orang selalu mengaitkannya dengan suatu kemalangan seperti wabah, bencana alam, kegagalan, kerugian dan lainnya. Sangat jarang penelitian yang membahas musibah dari perspektif tujuan atau maqasid yang membahas alasan apa yang menjadi latar belakang Allah mengadakan atau menciptakan musibah. Dengan kepentingan menyelidiki tujuan adanya musibah, maka penulis memilih kitab tafsir yang memakai pendekatan maqasid dalam penafsirannya, maka karya Ibn Ashur yang berjudul Tafsir Tahrir wa Tanwir lebih cocok untuk menjawab rumusan masalah tersebut, dibanding dengan tafsir lain yang penafsirannya tidak memakai pendekatan maqasid. Selain itu, penafsiran yang disajikan Ibn Ashur lebih analitis-komprehensif-kontekstualis daripada kitab tafsir maqasidi milik Siddiq Khan yang sangat tekstualis.Penelitian ini ditujukan untuk rumusan sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep musibah dalam Alquran, (2) Bagaimana konsep Musibah Perspektif Tafsir Maqasid Ibn Ashur dalam Tafsir Tahrir Wa Tanwir. Penelitian ini memakai metode kualitatif yang dalam hal data, diambil dari sumber penelitian kepustakaan. Sumber tafsir yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab tafsir karya Ibn Ashur yang berjudul Tafsir Tahrir wa Tanwir. Sebagai penunjang menggunakan berbagai buku dan jurnal yang memiliki topik yang sama dengan topic pembahasan penelitian ini, penulis menggunakan teori Maqasid milik Ibn Ashur untuk membedah beberapa ayat Alquran yang membahas mengenai musibah. Hasil penelitian ini memiliki beberapa kesimpulan, yaitu: pertama, Musibah menurut Ibn Ashur adalah sebuah kejadian yang mengarah kepada keburukan dan kemalangan. Di jelaskan bahwasannya meskipun musibah tertulis dalam lauh mahfud akan tetapi kejadiannya selalu berkaitan dengan sebuah sebab yang memicu datangnya musibah tersebut. Kedua, akibat dari datangnya covid-19 ini maka dapat diambil sebuah hikmah dari Maqasid atas musibah tersebut yang didekati menggunakan teori Maqasid Ibn Ashur yaitu mengarahkan kita untuk hidup dengan lebih hati-hati dan tidak semena-mena, baik itu dari cara kita mencari harta atau dari cara kita mencari makanan, sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah dan Rasul dan berbagai orang yang ahli dalam bidangnya untuk menghindari berbagai hal yang dilarang, dan apabila kita tidak mengetahui tentang suatu hal alangkah baiknya menanyakan kepada orang yang ahli atau menguasai bidangnya, seperti menanyakan suatu hal yang layak atau bisa dimakan kepada dokter

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusron, Mochammad Solahuddinsoldinelincoln@gmail.comE93217075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdalidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Islam > Pedoman Hidup
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Alquran; Musibah; Covid-19; Tafsir Maqasid; Ibn Ashur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: M Solahuddin Yusron
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:42
Last Modified: 13 Jun 2023 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53332

Actions (login required)

View Item View Item