Strategi public relations dalam mengembangkan citra madrasah di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholilurrohman, Mohammad Azam (2022) Strategi public relations dalam mengembangkan citra madrasah di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Azam Kholilurrohman_D03217026.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai strategi yang dilakukan public relation dalam mengembangkan citra madrasah di MTs Ihyaul Ulum, factor penghambat dan pendukung adanya strategi public relation dalam mengembangkan citra madrasah, dan dampak strategi public relation dalam mengembangkan citra madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan yakni strategi yang dilakukan oleh public relation di MTs Ihyaul Ulum yaitu dengan adanya prestasi akademik yang diraih oleh siswa-siswi disetiap event perlombaan maupun olimpiade, kemudian dengan adanya publikasi mengenai prestasi siswa disetiap event, selain itu dari publikasi yang disampaikan kepada public dapat menarik respon positif dari masyarakat. Dan Adanya prestasi akademik tak luput dari program kelas bina prestasi. Faktor penghambat adanya strategi public relations dalam mengembangkan citra madrasah yakni terdapat beberapa kesulitan dalam menyamakan persepsi antar pendidik dalam memutuskan sesuatu yang berhubungan dengan kelas bina prestasi, tugas yang diberikan kepada pihak humas lumayan banyak sehingga menjadi banyak yang harus dikerjakan, dan kurangnya koordinasi. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya SDM atau pendidik yang sudah sesuai dengan kualifikasi atau standar yang cukup baik dan bermutu serta peserta didik yang mampu memahami penjelasan dari pendidik dengan baik, adanya cctv yang dapat menjadi pengontrol setiap kegiatan peserta didik, pembelajaran atau sistem belajar mengajar yang sudah menggunakan computer atau laptop, serta adanya dukungan yang antusias dari orang tua peserta didik di setiap kegiatan sekolah terutama program bina prestasi. Dan dampak dari adanya strategi public relations dalam mengembangkan citra madrasah yaitu siswa di MTs Ihyaul Ulum yaitu banyak siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, dengan adanya program kelas bina presatasi dapat menjadikan MTs Ihyaul Ulum sebagai salah satu madrasah percontohan di daerah Gresik, hubungan masyarakat dan pihak madrasah pun semakin baik dan jumlah siswa disetiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dan peminatnya semakin menyebarluas mulai dari Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholilurrohman, Mohammad Azammohazamkholilurrohman@gmail.comD03217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi public relations; citra madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Azam Kholilurrohman
Date Deposited: 23 May 2022 07:05
Last Modified: 23 May 2022 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53334

Actions (login required)

View Item View Item