Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berstandar Pisa:programme for International Student Assessment ditinjau dari Gaya Kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiyah, Mawah Datul (2022) Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berstandar Pisa:programme for International Student Assessment ditinjau dari Gaya Kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawah Datul Atiyah_D74217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa ketika memecahkan masalah matematika. Dalam memecahkan masalah matematika, setiap siswa memiliki cara yang berbeda salah satunya dipengaruhi oleh kecepatan dalam berfikir. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah berstandar PISA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan di kelas VIII MTs Pesantren Al-Amin Mojokerto yang terdiri atas empat siswa yang memiliki kecepatan berfikir yang berbeda. Pemilihan empat siswa ini diberikan Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan terdiri dari tugas pemecahan masalah (TPM) dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan teknik analisis data tugas pemecahan masalah dan teknik analisis data pedoman wawancara. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif dalam memecahkan masalah berstandar PISA dapat melewati semua tahapan pemecahan masalah Polya, sehingga memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dan berada pada kemampuan representasi baik dengan mampu melibatkan tiga bentuk representasi yaitu visual, simbolik serta verbal. Sedangkan siswa impulsif dalam memecahkan masalah berstandar PISA tidak dapat melewati tahapan pemecahan masalah Polya pada tahapan menyelesaikan masalah hanya mampu melibatkan satu bentuk representasi yaitu verbal dan berada pada kemampuan representasi cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiyah, Mawah Datulmawahdatulatiyah@gmail.comD74217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: kemampuan representasi matematis; memecahkan masalah; reflektif-impulsif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mawah Datul Atiyah
Date Deposited: 19 May 2022 08:10
Last Modified: 19 May 2022 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53339

Actions (login required)

View Item View Item