Pengaruh implementasi living qur'an terhadap karakter religius civitas yayasan pendidikan Al Muslim Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmatillah, Ummi (2022) Pengaruh implementasi living qur'an terhadap karakter religius civitas yayasan pendidikan Al Muslim Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Rokhmatillah_F02519193.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diteliti untuk mengetahui motif dari implementasi living alQur’an serta untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perubahan karakter civitas setelah mengimplementasikan living al-Qur’an dalam pembacaan al-Ma’tsurat. Peneliti memilih obyek kajian penelitian karena ada hal yang berbeda dengan kegiatan yang ada di Yayasan Al Muslim yaitu pembacaan al Ma’tsurat yang di lembaga Pendidikan yang lain tidak ada. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-kuantitatif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisoner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa implementasi living al-Qur’an terutama dari penerapan tradisi pembacaan Al Ma’tsurat bertujuan agar aktifitas sehari -hari yang dilakukan civitas di lembaga pendidikan Al Muslim mendapatkan keberkahan, kemudahan dan ridho Allah SWT. Dengan adanya implementasi living al-Qur’an berdasarkan angket yang sudah diberikan pada 31 responden mengatakan setelah mengamalkan al Ma’tsurat mendatangkan ketenangan hati, merasa menjadi pribadi yang rajin beribadah, peduli sesama, lebih bertawqa kepada Allah SWT, dan mengatakan setelah bertahun-tahun mengamalkan Al Ma’tsurat kehidupan lebih sukses dan berkah. Artinya implementasi Living al-Qur’an sangat mempengaruhi karakter religius civitas di lembaga Pendidikan Al Muslim Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmatillah, Ummiummirohma886@gmail.comF02519193
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahuqiefais@gmail.com, suqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Thesis advisorJamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Doa dan Zikir
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi living al-Qur’an; Al-Ma’tsurat; Karakter religius
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ummi Rokhmatillah
Date Deposited: 27 May 2022 14:41
Last Modified: 27 May 2022 14:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53349

Actions (login required)

View Item View Item