Prasangka (zan) terhadap orang lain: studi maanil al hadith atas hadis riwayat imam muslim no. 2563 perspektif ilmu psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Ferizal Ainun (2020) Prasangka (zan) terhadap orang lain: studi maanil al hadith atas hadis riwayat imam muslim no. 2563 perspektif ilmu psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferizal Ainun Nafi'ah_E95216059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilengkapi oleh hadis Nabi tentang larangan berprasangka terhadap orang lain dalam riwayat Imam Muslim nomor 2536. Serta mengkaji terkait kualitas hadis, pemaknaan hadis, dampak prasangka perspektif Ilmu Psikologi Kesehatan serta Kontribusi kitab Imam Muslim dalam keilmuan hadis. Setiap manusia tidak akan bisa jauh dari namanya prasangka baik dan buruk. Namun prasangka yang dimaksudkan kali ini mengacu kepada prasangka yang buruk. Pada era sekarang, prasangka sangat sering dijumpai, contoh kecil ketika kita melihat sesuatu yang mungkin masih belum tau akan kebenarannya dan sudah menerka-nerka atau menduga-duga maka disitulah titik awal munculnya sebuah prasangka. Permasalahan ini sering terjadi dalam kehidupan sosial, baik antar individu ataupun antar kelompok. Prasangka yang sering muncul bisa membawa dampak yang kurang baik terhadap kesehatan fisik maupun mental. Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh kitab Imam Muslim sangat banyak sekali, yaitu diantaranya bisa dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, bahasa yang digunakan juga sangat ringan karena Imam Muslim dalam pemaknaannya juga sangat dibatasi agar tidak melebar kemana-mana. Imam Muslim termasuk ahli hadis yang sangat selektif sekali dalam menghimpun hadis-hadis Nabi. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yakni, kualitas hadis yang sahih baik secara sanad maupun matan. Hadis berstatus maqbul dan dapat dijadikan hujjah. Seseorang yang memiliki prasangka terus menerus maka akan berdampak tidak baik terhadap lingkungan masyarakat dan juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mentalnya. Maka wajar dan masuk akal jika Nabi melarang untuk menjauhi perilaku prasangka. Karena dampaknya juga sangat dahsyat dna membahayakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Ferizal Ainunainunnafiah2603@gmail.comE9516059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Thesis advisorHasan, Muzayyanah MutashimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Prasangka; kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2022 07:50
Last Modified: 23 May 2022 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53364

Actions (login required)

View Item View Item