Resepsi aktivis mahasiswi Badan Eksekutif Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya tentang redaksi spanduk demo mahasiswa #surabayamenggugat tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinasih, Maulina Putri (2021) Resepsi aktivis mahasiswi Badan Eksekutif Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya tentang redaksi spanduk demo mahasiswa #surabayamenggugat tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulina Putri Kinasih_B76216100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keaktifan kahalayak tidak hanya sebatas proses interpretasian pesan media, tetapi juga dalam memanfaatkan pesan tersebut secara sosial, termasuk memberikan makna baru. Aspirasi mahasiswa diutarakan melalui poster dengan tulisan-tulisan yang nyeleneh dan humor yang menjadikan aksi unjuk rasa memiliki nuansa berbeda. Fenomena yang terjadi ini menyebabkan penulis melakukan penelitian tentang pemahaman dan pemaknaan aktivis mahasiswi tentang redaksi spanduk/poster demontrasi. Terdapat dua rumusan masalah, yaitu: Pertama, bagaimana pemahaman aktivis mahasiswi organisasi badan eksekutif mahasiswa tentang redaksi spanduk demo mahasiswa #surabayamenggugat ? Kedua, bagaimana aktivis mahasiswi organisasi badan eksekutif mahasiswa memaknai spanduk demo #surabayamenggugat?. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan terkait resepsi aktivis mahasiswi organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa UINSA tentang redaksi kalimat pada spanduk demonstrasi #surabayamenggugat. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interpretif dalam bingkai teori resepsi dan komunikasi politik.Hasil penelitian ini menunjukan dalam poster 1 semua informan berada di posisi dominan, namun di poster selanjutnya beberapa informan berada di posisi negosiasi dan oposisi dengan menggunakan keyakinan yang berbeda dalam memahami dan menandakan makna dalam poster tersebut, dan informan terbagi menjadi 3 kategori pemahaman yaitu pemahaman penafsiran, terjemahan, ektrapolasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinasih, Maulina Putrimaulinaputriv@gmail.comB76216100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch. ChoirulIrul_rek@yahoo.co.id / choirul.arief@uinsby.ac.id2017107102
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: komunikasi; resepsi; redaksi spanduk demo
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulina Putri Kinasih
Date Deposited: 27 May 2022 15:01
Last Modified: 27 May 2022 15:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53370

Actions (login required)

View Item View Item