Representasi ekofeminisme dalam film disney Maleficent Mistress of Evil 2: analisis semiotika Charles Sanders Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Umi (2021) Representasi ekofeminisme dalam film disney Maleficent Mistress of Evil 2: analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Hidayati_B06216041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi ekofeminisme dalam film Maleficent Mistress Of Evil 2 berdasarkan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi ekofeminisme digambarkan dalam film Maleficent Mistress Of Evil 2.Untuk mengetahui representasi ekofeminisme, peneliti menggunakan teori representasi dengan pendekatan paradigma kritis. Peneliti menggunakan paradigma kritis karena dapat menemukan pemahaman terhadap film yang diteliti.Hasil penelitian ini film Maleficent mengandung nilai feminisme yang mewakili aliran ekofeminisme didalamnya dengan penggambaran seorang peri hutan dan karakter seorang putri yang berbeda dari umumnya, dengan karakter perempuan sebagai subjek aktif serta membawa pesan ekofeminisme yang menarik karena selama ini perempuan digambarkan sebagai objek yang pasif serta lemah dalam kebanyakan film. Setelah dianalisis film Maleficent ini dengan analisis semiotika dari tanda, objek, intepretan yang menunjukan representasi dari ekofeminisme dimana perempuan dan alam selalu memiliki hubungan yang erat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Umiumihidayati24@gmail.comB06216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Lilik--197312171998032002
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: ekofeminisme; feminisme; Maleficent Mistress Of Evil 2
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Umi Hidayati
Date Deposited: 27 May 2022 10:52
Last Modified: 27 May 2022 10:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53371

Actions (login required)

View Item View Item