Efektivitas metode Fonik terhadap kemampuan membaca permulaan bagi anak usia 4-6 tahun di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahdini, Marietta Annisa (2022) Efektivitas metode Fonik terhadap kemampuan membaca permulaan bagi anak usia 4-6 tahun di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marietta Annisa Wahdini_D99217071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode fonik di Utrujah Centre Pamekasan? Bagaimana kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun di Utrujah Centre Pamekasan? Bagaimana efektivitas metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun di Utrujah Centre Pamekasan? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost de facto. Penelitian ini tidak memerlukan perlakuan kepada objek yang diteliti melainkan, peneliti langsung melihat hasil dari perlakuan yang sudah dilakukan oleh tempat yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode fonik di TK Tahfidz Utrujah Centre Pamekasan sudah sesuai dengan tahapan yang seharusnya, dimulai dari tahapan pra membaca, tahapan pra menulis, hingga tahapan teknis membaca sudah diterapkan oleh TK Tahfidz Utrujah Pamekasan dengan baik. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan masuk pada kategori baik pula. Siswa-siswi yang berusia 4-6 tahun di lembaga ini sudah mampu mengenal huruf a hingga z, mampu membunyikan huruf a hingga z serta mampu membaca kata. Hasil selanjutnya adalah terdapat pengaruh ke arah positif antara penggunaan metode fonik dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan. Hasil tersebut diperoleh melalui teknik analisis product moment yang memperoleh nilai koefisien sebesar 1,000 yang berarti lebih besar dari r tabel pada N=19 dengan tarafsignifikan 5% yaitu 1,000>0,433. Hasil tersbeut menunjukkan bahwa semakin baik diterapkannya metode fonik di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan, maka semakin baik pula kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode fonik dilakukan selama setengah jam setiap harinya pada agenda kegiatan stimulasi bahasa. Faktor yang mendukung berhasilnya penerapan metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun di TK Tahfidz Utrujah Pamekasan tak lain adalah guru pengajar fonik yang terus bersedia meningkatkan kemampuannya dalam mengajar menggunakan metode fonik serta dukungan orang tua di rumah karena kegiatan stimulasi bahasa di sekolah hanya dilakukan selama setengah jam setiap harinya sehingga bantuan dan dukungan orang tua di rumah sangat berpengaruh bagi kesuksesan anak dalam membaca permulaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahdini, Marietta Annisamariettaannisa@gmail.comD99217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode fonik; anak usia 4-6 tahun; kemampuan membaca permulaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 May 2022 03:50
Last Modified: 25 May 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53394

Actions (login required)

View Item View Item