Sejarah Perang Tours 732 M: penyebab kekalahan umat muslim dan dampaknya terhadap kekuasaan Islam di Perancis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Jamilatul (2022) Sejarah Perang Tours 732 M: penyebab kekalahan umat muslim dan dampaknya terhadap kekuasaan Islam di Perancis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jamilatul Firdausi_A02218021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dan teori konflik untuk menjelaskan bahwa perubahan sosial terjadi setelah terjadinya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi berbeda dengan kondisi semula. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode penelitian sejarah yaitu: 1) Heuristik (Pengumpulan data), 2) Verifikasi (Kritik sumber), 3) Interpretasi (Penafsiran), dan 4) Historiografi (Penulisan sejarah). Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa 1) Perang Tours terjadi antara pasukan Muslim yang dipimpin oleh Abdurrahman Al-Ghafiqi dengan pasukan Perancis di bawah komando Charles Martel di kota Tours/Poitiers. Namun, umat Muslim harus menerima kekalahan di akhir perang. 2) Adapun kekalahan umat Muslim ini disebabkan oleh empat hal yaitu a) geografis medan tempur yang tidak mendukung, b) taktik perang yang salah diperhitungkan, c) fanatisme kesukuan dalam diri umat Muslim, dan d) banyaknya harta rampasan. Yang terakhir 3) Kekalahan ini memberikan dampak bagi umat Muslim sendiri di antaranya ialah a) melambatnya arus penaklukkan umat Muslim di Perancis, dan b) melemahnya kekuasaan Islam di Perancis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Jamilatuljamilatulfirdausi0@gmail.comA02218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'la, Abdabdalabs@gmail.com2005095701
Thesis advisorM. Ridwan, M. Ridwan--2017075901
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Perang tours; umat Muslim; Kekalahan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Jamilatul Firdausi
Date Deposited: 25 May 2022 07:08
Last Modified: 25 Jun 2022 13:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53395

Actions (login required)

View Item View Item