Konseling Islam dengan Acceptance and Commitment Therapy (ACT) untuk Meningkatkan Self Confidence pada Seorang Wanita di Nginden Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismawati, Novi (2022) Konseling Islam dengan Acceptance and Commitment Therapy (ACT) untuk Meningkatkan Self Confidence pada Seorang Wanita di Nginden Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Ismawati_B93218154.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini ialah untuk (1) memahami pola terapi yang diberikan oleh Konseling Islam dengan Acceptance and Commitment Therapy (ACT) untuk untuk Meningkatkan Self Confidence pada Seorang Wanita di Nginden Surabaya, dan (2) mengetahui hasil perubahan konseli setelah dilaksanakannya Konseling Islam dengan Acceptance and Commitment Therapy (ACT) untuk meningkatkan Self Confidence pada seorang wanita di Nginden Surabaya. Adapun permasalahan yang dikupas oleh peneliti ialah Self Confidence rendah yang dimiliki oleh seorang wanita di Nginden Surabaya. Self Confidence rendah yang dimiliki oleh konseli membawa pengaruh yang cukup besar terhadap bagaimana seorang konseli menjalani kehidupan yang dimiliki. Perilaku tersebut ditunjukkan konseli dengan adanya kecenderungan konseli untuk minim bersosialisasi dengan orang lain, selalu merasa kurang puas dengan dirinya sendiri, selalu merasa bahwa penampilan yang dimilikinya kurang menarik, ia juga tidak suka diperhatikan sehingga ia sering menarik diri dari lingkungan yang dirasa tidak sesuai dengan dirinya. Demi mendapatkan jawaban dari persoalan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan analisis descriptive comparative. Dalam pendekatan penelitian yang digunakan ini, peneliti membandingkan antara perspektif teoritis dengan teori yang telah ada dan data yang ada di lapangan. Adapun proses pelaksanaan konseling meliputi : identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi, evaluasi dan follow up. Hasil akhir dari dilakukannya Konseling Islam dengan Acceptance and Commitment Therapy (ACT) untuk Meningkatkan Self Confidence pada Seorang Wanita di Nginden Surabaya yaitu adanya perubahan pada konseli yang ditunjukkan dengan adanya kemauan untuk terus berubah, keberanian diri pada konseli untuk membuka diri dengan orang lain, perubahan mindset konseli terhadap orang lain, hingga adanya semangat pada konseli untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Dengan adanya perubahan yang muncul pada konseli, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Konseling Islam dengan Acceptance and Commitment Therapy telah berhasil digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan SelfConfidence pada seorang wanita di Nginden Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismawati, Novinoviisma247@gmail.comB93218154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd.--2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Acceptance and Commitment Therapy (ACT); Self Confidence
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Novi Ismawati
Date Deposited: 27 May 2022 03:53
Last Modified: 27 May 2022 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53400

Actions (login required)

View Item View Item