تعليم علم الأصوات لطريقة التركيبية التحليلية لمهارة الإستماع للطلاب المبتدئين بمعهد داراللغة والدراسات الإسلامية باميكاسن مادورا Pengajaran Bunyi Bahasa Arab dengan Metode Analisis-Sintesis untuk keterampilan Menyimak bagi siswa-siswi pemula di Mahad Dar al Lughah wa Dirasat Al Islamiyah Pamekasan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuzaimah, Khuzaimah (2010) تعليم علم الأصوات لطريقة التركيبية التحليلية لمهارة الإستماع للطلاب المبتدئين بمعهد داراللغة والدراسات الإسلامية باميكاسن مادورا Pengajaran Bunyi Bahasa Arab dengan Metode Analisis-Sintesis untuk keterampilan Menyimak bagi siswa-siswi pemula di Mahad Dar al Lughah wa Dirasat Al Islamiyah Pamekasan Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khuzaimah_D02206079.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ma'had Dar al-Lughah Wa Dirasat Al-lslamiyah merupakan satu-satunya Lembaga Pengembangan Bahasa Arab di Madura yang mengembangkan empat Keterampilan Bahasa Arab dengan berbagai metode. Diantaranya adalah metode Analisis-Sintesis yang diterapkan pada pengajaran ilmu ashwat untuk menunjang keterampilan menyimak siswa. Dalam skripsi ini, penulis ingin mengetahui penerapan metode tersebut dalam pengajaran ilmu Ashwat guna menunjang keterampilan menyimak siswa-siswi pemula yang tercakup dalam rumusan masalah berikut: 1). Bagaimana pengajaran ilmu bunyi bahasa (ilmul-ashwat) dengan metode Analisis-Sintesis (Thariqah Tarkibiyyah-Tahliliyyah) untuk keterampilan menyimak siswa-siswi pemula di Dar al-Lughah Wa Dirasat Al-lslamiyah. 2). Apa saja problem yang dihadapi dalam penerapan Metode Analisis-Sintesis dalam pengajaran ilmu bunyi bahasa, serta apa solusi terhadap problem tersebut. 3). Keistimewaan (kelebihan) dan kekurangan dari Metode Analisis-Sintesis dalam pengajaran ilmu bunyi bahasa. Untuk menjawab beberapa rumusan masalah diatas, dalam proses penelitian penulis menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif yang dilakukan melalui pengumpulan data-data dari hasil Observasi, interview, angket, dan dokumen-dokumen. Dari hasil data-data tersebut dapat dijelaskan bahwa Metode Analisis-Sintesis benar-benar telah diterapkan dalam pengajaran Bunyi Bahasa Arab khusus bagi siswa-siswi pemula yang belajar di Ma'had Dar al-Lughah Wa Dirasat Al-Islamiyah. Metode tersebut diterapkan dengan menggunakan beberapa media yang diantaranya adalah Rasm Lil-Wajhi dan VCD yang berisis tentang Cara-cara Pengucapan Bunyi Bahasa Arab. Hal itu sangat membantu terhadap pemahaman siswa-siswi pemula yang Notabene belum memahami cara-cara pengucapan Bunyi Bahasa Arab yang baik dan benar. Akhirnya, semoga karya tulis ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penulis khusunya, dan bagi pembaca pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuzaimah, KhuzaimahUNSPECIFIEDD02206079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Bunyi Bahasa Arab; keterampilan menyimak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 06:12
Last Modified: 27 May 2022 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53411

Actions (login required)

View Item View Item