تأثير الكتاب ميسرة في ترقية مهارة القراءة بمدرسة نور الهدى الثانوية سورابايا Penganruh Kitab Muyassaroh terhadap kemajuan membaca di Madrasah Tsanmviyah (SMA) Nurul Huda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunyono, Sunyono (2010) تأثير الكتاب ميسرة في ترقية مهارة القراءة بمدرسة نور الهدى الثانوية سورابايا Penganruh Kitab Muyassaroh terhadap kemajuan membaca di Madrasah Tsanmviyah (SMA) Nurul Huda Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sunyono_D02205078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelajaran Bahasa Arab selama ini dianggap sulit, karena selain hanya sebagai bahasa kedua, juga qowaid (grammer), susunan (structure), bahkan membaca sekalius mngerti akan maknanya. Dan fakta di lapangan menunjukan bahwa bahasa arab menjadi momok bagi siswa, baik di sekolah yang berbasis agma maupun di sekolah umum yang mengajarkan bahasa arab. Hal ini sangat ironis mengingat bahasa arab adalah bahasa intemational yang memegang peranan penting, terutama dalam duia islam. Tidak kalah penting lagi adalah bahasa arab juga yang menjadi bahasa Al-Qur'an, yang notabene kitab suci umat islam. Berangkat dari kenyataan tersebut, penulis ingin menjembatani berbagai macam kesulitan dengan metode pembelajaran yang dianggap paling cocok dalam mempelajari bahasa arab. Kebanyakan siswa merasa enggan jika berhadapan teks-teks arab. Apalagi dibanding pelajaran lainnya, bahasa arab sangat minoritas peminat. Untuk itu, metode Muyassaroh digunakan sebagai metode yang simpel dan mudah dalam memahami teks-teks arab, sebagai jahumya. Mentor atau guru merupakan salah satu inti pokok dalam berhasilnya pembelajaran. Untuk itu, pada metode muyassaroh ini, keaktifan guru dalam menyampaikan sangat diperlukan demi keberhasilan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah interview, observasi dan angket untuk mengetahui tingkat pembelajaran bahasa arab dengan metode muyassaroh (variable X) dengan mengambil sebagian hasil test siswa scbagai variable Y. sedangkan rumus Product Moment digunakan untuk mengetahui pengaruh metode muyassaroh terhadap kemajuan membaca di madrasah tsanawiyah Nurul Huda Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunyono, SunyonoUNSPECIFIEDSunyono
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, M.baihaqi.sby@gmail.com2020027401
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kitab Muyassaroh; kemajuan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 07:49
Last Modified: 27 May 2022 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53412

Actions (login required)

View Item View Item