اللف و النشر في جزء عم في القران الكريم: دراسة المحسنات المعنوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafid, Muhammad (2009) اللف و النشر في جزء عم في القران الكريم: دراسة المحسنات المعنوية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafid_A31205001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Allaff dan al nasyr (kalimat inti dan penjabar kalimat inti) merupakan bagian dari muhassinat al maknawiyah dari salah satu cabang ilmu balaghah, yaitu ilmu badi'. Di dalam al Qur'an banyak terdapat allaff dan al nasyr apabila kita mau tcliti mcmahami kalimat perkalimat dari ayat - ayat al Qur'an. Pcmahaman dan pengkajian tcntang keterkaitan antara kalimat satu dcngan kalimat lainnya dalam satu surat sangat penting sekah, begitu juga allaff dan al nasyr yang bisa juga dikategorikan sebagai tanasub baina al ma 'ani (bebcrapa ma'na yang saling berkaitan), karena beberapa hal, antara lain : I) Mcmahami keterkaitan kalimat satu dengan kalimat lain dalarn satu surat sangat penting untuk mengerti maksud dari sebuah surat secara utuh , 2) Kesalahan dalam mengaitkan satu kalimat dengan kalimat lain dalam sebuah surat dapat menyebabkan kesalahan dalam menyimpulkan hukum dalam sebuah surat pula, dan 3) Untuk menumbuhkan ketakjuban dalam hati kita pada mukjizat al Qur'an. Maka, penulis merasa perlu untuk menggali mu'jiz al Qur'an dari sisi balaghah (allaff wa al nasyr).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafid, MuhammadUNSPECIFIEDA31205001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKiswati, Tsuroyatsuroyakiswati@uinsby.ac.id2022025201
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Allaff; al nasyr
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 08:08
Last Modified: 27 May 2022 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53413

Actions (login required)

View Item View Item