قصة حب يوسف و زليخا في قصص الأنبياء للإمام أبي الفداء اسماعيل و الإمام عبد الوهاب النجاز: دراسة مقارنة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rowi, Muhammad Athok (2009) قصة حب يوسف و زليخا في قصص الأنبياء للإمام أبي الفداء اسماعيل و الإمام عبد الوهاب النجاز: دراسة مقارنة. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Athok Rowi_A01304014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qisoh (cerita) merupakan bagian dari Prosa, dan sudah barang tentu didalamnya memiliki keistimewaan-keistimewaan tersendiri, khususnya Qisoh (kisah) dalam Sastra Arab. Dalam Sastra Arab, keistimewaan cerita dapat kita lacak dari berbagai sisi, baik dari sisi cerita pengarang yang terkandung didalam-nya, pengalaman-pengalaman pengarangnya, alasan maupun rujukan-rujukan pengarangnya dalam mengungkapkan ceritannya. Keistimewaan-keistimewaan cerita ini sebagaimana dapat kita lihat dari cerita tentang percintaan Yusuf dan Zulaikha menurut Imam Abu Fida' dan imam Abdul wahab An-Najjar, dinyatakan bahwa menurut Abu Fida, percintaan Yusuf dan Zulaikha mengalami dilematik yang sangat menarik, yaitu bahwasannya Yusuf Ma'sum dan menolak secara terang-terangan ajakan Zulaikha, diakhir cerita Yusuf menikah dengan Zulaikha setelah meninggalnya suaminya dan mendapat izin dari Raja. Sedangkan menurut Abdul Wahab sebenamya Yusuf sudah mulai terbuai oleh kecantikan Zulaikha, akan tetapi Allah menyelamaticannya dengan mengirim Jibril yang menyerupai wajah Ayahnya. Dan diakhir kisah diceritakan bahwa Yusuf menjadi Raja Mesir menggantikan Raja Malik dan menikah pula dengan Zulaikha. Dalam kerangka ini, melalui penulisan skripsi, penulis - mencoba melakukan pengkajian terhadap keistimewaan cerita Yusuf dan Zulaikha menurut Imam Abu Fida' dan imam Abdul Wahab dengan menganalisisnya di tinjau dari sisi Dialog batin (wawancara semu) yang dilakukan penulis dengan manuskrib. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penulisan skripsi ini yaitu, bagaimana perbandingan kisah cinta Yusuf dan Zulaikha menurut Imam Abu Fida' dan imam Abdul wahab? Dalam menganalisis perbandingan kisah cinta Yusuf dan Zulaikha ini penulis menggunakan pendekatan histories dengan mempelajari manuskrip yang ada kemudian dialog batin atau wawancara semu dengan manuskripnya yang ada. Sedangkan methode yang digunakan yaitu, menthode analisis deskriptif. Dari hasil pengkajiannya penulis menyimpulkan bahwa cerita ini sebagai salah satu bagaian dari Prosa, yang didalamnya terdapat keistimewaan-keistimewaan antara lain adanya unsur ekstetrinsik yang berupa politik, adat istiadat, sosial bahkan percintaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rowi, Muhammad AthokUNSPECIFIEDA01304014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, MuntahaUNSPECIFIED2012075901
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Keywords: Kisah; cerita
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 08:26
Last Modified: 27 May 2022 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53414

Actions (login required)

View Item View Item