Penerapan terapi behavior dalam perspektif Islam untuk mengubah perilaku agresif pada seorang santri di Pondok Pesantren Darunnadwah al-Yamini Lombok Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Sukran (2022) Penerapan terapi behavior dalam perspektif Islam untuk mengubah perilaku agresif pada seorang santri di Pondok Pesantren Darunnadwah al-Yamini Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sukran Nikmah_B53218065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti mengangkat sebuah masalah tentang santri yang memiliki masalah perilaku agresif verbal di Pondok Pesantren Darunnadwah al-Yamini, Lombok Tengah. Langkah-langkah yang digunakan yaitu : 1). Konselor menjelaskan konsep dan tujuan terapi behavior serta pola konseling Islam. 2). Memberikan sebuah terapi modelling dan belajar kecerdasan emosional. 3). Konselor memandu proses terapi Behavior. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Tujuan analisis tersebut yaitu untuk mengetahui deskripsi yang sudah di dapatkan dilapangan tentang penelitian yang dilakukan. Analisis ini juga untuk membandingkan hasil sebelum dan sesudah pemberian terapi dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, terdapat perubahan yang di alami konseli setelah pemberian terapi. Konseli sudah mampu untuk mengontrol emosinya, lebih memperhatikan teman ketika berbicara, tidak membentak atapun meneriaki temannya. Konseli juga sudah mengalihkan perilaku yang tidak baik dengan menghabiskan waktu yang lebih bermanfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Sukrannikmah232000@gmail.comB53218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd-2001096001
Subjects: Pesantren
Perilaku
Santri
Keywords: Terapi behavioral; perilaku terapi behavioral; perilaku agresif; santri A
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sukran Nikmah
Date Deposited: 30 May 2022 04:19
Last Modified: 30 May 2022 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53418

Actions (login required)

View Item View Item