Tourism Resiliences dalam mewujudkan ketahanan ekonomi Desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik pada masa Pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamaliah, Aidah (2022) Tourism Resiliences dalam mewujudkan ketahanan ekonomi Desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik pada masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aidah Kamaliah_G71218029 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tahapan observasi, dokumentasi, serta wawancara. Data wawancara ini diperoleh dari jajaran pemerintahan Desa Gosari yang meliputi Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala BUMDes, Ibu Kepala Desa selaku Kepala PKK Desa, serta pihak-pihak yang terlibat dalam sektor wisata WAGOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Gosari mampu bertahan di masa pandemic Covid-19 dengan tetap menunjukkan bahwa penurunan ekonomi desa yang tercatat dalam PADes Gosari hanya turun sekitar 20 persen. Strategi penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat dan penyediaan fasilitas penunjangnya menjadi salah satu alasannya. BLT (Bantuan Lansung Tunai), bantuan dari pihak kepolisisan setempat bagi pelaku UMKM dan pegawai WAGOS, bantuan sembako dari pemerintah desa, pada saat Covid-19 merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Gosari agar mereka mampu bertahan dalam kondisi terbatas. Penerapan strategi pivoting, positioning, contactless experience juga merupakan salah satu strategi Pemdes Gosari dalam mempertahankan kondisi wisatanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamaliah, Aidahaidahkamaliah2@gmail.comG71218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmah----
Subjects: Ekonomi
Keywords: ketahanan ekonomi desa; sektor pariwisata; Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aidah Kamaliah
Date Deposited: 31 May 2022 01:54
Last Modified: 31 May 2022 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53433

Actions (login required)

View Item View Item