Problem pembinaan Agama Islam sebagai rehabilitasi moral narapidana di Lapas kelas II B Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholil, Muhammad Avif Ziaul (2022) Problem pembinaan Agama Islam sebagai rehabilitasi moral narapidana di Lapas kelas II B Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Avif Ziaul Cholil_D91216066.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Pasal 2 di sebukan bahwa program pembinaan terbagi menjadi dua yakni pembinaan kepribadian dan kemandirian. Salah satu bentuk pembinaan kepribadian (moral) narapidana adalah melalui pembinaan agama Islam karena pembinaan agama Islam di dalam lembaga pemasyarakatan merupakan upaya untuk merehabilitasi moral narapidana yang mengalami degradasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem yang dapat mengganggu keefektivan dalam proses pembinaan agama Islam sebagai bentuk rehabilitasi moral narapidana, dan nantinya akan dicarikan sebuah solusi dari setiap problem yang ada. Penelitian ini dilakukan di lembaga pemasyarakatan kelas II B Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sumber data diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga tahapan; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa problem pembinaan agama Islam dilapas kelas II B Mojokerto adalah; over kapasitas, perbandingan jumlah petugas dan narapidana tidak seimbang, dan perbedaan latar belakang narapidana. Solusi utama dari semua problem diatas adalah dengan pemberian asimilasi kepada warga binaan. Solusi kedua adalah penjadwalan dan solusi ketiga adalah menerapkan metode pendekatan individu untuk menyelesaikan problem perbedaan latar belakang setiap narapidana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholil, Muhammad Avif ZiaulAvifziaulcholil@gmail.comD91216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Narapidana
Keywords: Pembinaan Agama Islam; rehabilitasi moral; narapidana di Lapas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad avif Ziaul Cholil
Date Deposited: 31 May 2022 04:28
Last Modified: 31 May 2022 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53434

Actions (login required)

View Item View Item