Hukum Endoskopi ketika berpuasa: studi komparasi pendapat Tawfiq Al-Wa’y dan Muhammad bin Salih Al-Uthaymin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rouf, Abdul (2022) Hukum Endoskopi ketika berpuasa: studi komparasi pendapat Tawfiq Al-Wa’y dan Muhammad bin Salih Al-Uthaymin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rouf_C95217030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif, yaitu penelitian dengan mendeskripsikan apa adanya yakni pendapat Tawfiq Al-Wa’y dan Muhammad bin Salih Al-Uthaymin mengenai Hukum Endoskopi ketika Berpuasa, kemudian dilakukan analisis dengan dicari persamaan dan perbedaan hukum untuk diambil sebuah kesimpulan. Proses penelitian menemukan bahwa Hukum Endoskopi ketika Berpuasa menurut Tawfiq Al-Wa’y adalah batal. Beliau menjelaskan bahwa masuknya alat diagnosa penyakit ke dalam lubang tubuh yang sudah biasa (al jauf al mu’tadah) pada siang hari di bulan Ramadhan membatalkan puasa. Sedangkan hukum endoskopi menurut Muhammad Sālih Al-Uthaymin adalah sah. Beliau berpendapat masuknya apapun ke dalam kerongkongan asalkan bukan berupa makanan dan minuman, tidak membatalkan puasa. Kedua ulama di atas memiliki persamaan dalam hukum endoskopi saat puasa Tawfiq Al-Wa’y dan Muhammad Sālih Al-Uthaymin sama-sama menjelaskan prosedur medis semacam endoskopi hanya boleh dilaksanakan oleh orang yang sedang berpuasa dalam keadaan darurat. Saran yang penulis berikan kepada seluruh orang yang menderita penyakit lambug saat menjalankan ibadah puasa tidak perlu ragu-ragu lagi dalam hukum penggunaan endoskopi ketika sakit yang dideritanya kambuh. pilihlah pendapat ulama yang sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rouf, Abdulabdulrouf202@gmail.comC95217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatwa, AH. Fajruddinandifajruddinfatwa@yahoo.com, andifajruddinfatwa@gmail.com2013067602
Subjects: Fatwa
Hukum Islam
Keywords: endoskopi; Tawfiq Al-Wa’y ; Muhammad bin Salih Al-Uthaymin; pengobatan saat berpuasa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Abdul Rouf
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:20
Last Modified: 10 Jun 2022 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53440

Actions (login required)

View Item View Item