العواطف في مسرحية "أوزيريس" لعلي أحمد باكثير في ضوء نظرية الذكاء العاطفي لدانيال جولمان (دراسة سيكولوجية أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vanesa, Helmalia (2021) العواطف في مسرحية "أوزيريس" لعلي أحمد باكثير في ضوء نظرية الذكاء العاطفي لدانيال جولمان (دراسة سيكولوجية أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Helmalia Vanesa_A91217061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Emosi memiliki kekuatan yang luar biasa. Ia menuntun manusia menghadapi saat-saat kritis dan perkara-perkara yang berbahaya bila hanya diserahkan kepada otak. Salah satu media untuk mempelajari emosi adalah melalui karya sastra. Drama yang berjudul Auziris karya Ali Ahmad Bakatsir merupakan karya sastra yang sarat akan emosi yang berkecamuk di dalam para tokohnya. Selain itu drama tersebut mengangkat tema yang cukup dekat dengan permasalahan di masa sekarang yaitu seputar perebutan kekuasaan, harta dan cinta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emosi dan kecerdasan emosional yang terdapat dalam drama Auziris karya Ali Ahmad Bakatsir menggunakan teori emosi dan kecerdasan emosional Daniel Goleman. Objek kajian pada penelitian ini adalah drama Auziris karya Ali Ahmad Bakatsir dengan sumber data berupa teks drama. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti menemukan bahwa (1) emosi yang terdapat dalam drama Osiris yaitu marah, sedih, takut, cinta, kenikmatan, kaget, jengkel, dan malu. (2) Kecerdasan emosi meliputi kemampuan mengenali emosi pribadi, mengelola emosi diri, memotivasi diri, memahami emosi orang lain, dan membina hubungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vanesa, Helmaliahelmaliavnsaa@gmail.comA91217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Adab
Psikologi
Keywords: Emosi; Kecerdasan Emosional
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Helmalia Vanesa
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:44
Last Modified: 06 Jun 2022 01:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53449

Actions (login required)

View Item View Item