IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MAHFUẒAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 5 KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Yulia Rahmawati (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MAHFUẒAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 5 KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor telah lama mengajarkan santri-santrinya akhlak, moral, budi pekerti luhur agar santri memiliki karakter baik dan akhlak mulia. Berbagai macam cara pondok mencetak kader yang berkarakter dan berakhlak mulia lewat nilai, sistem, panca jiwa, panca jangka, falsafah, motto pendidikan pondok, semua pelajaran di bangku sekolah serta semua kegiatan yang ada di pondok. Salah satu materi yang mengajarkan tentang adab, akhlak dan karakter adalah mahfuzat. Dengan demikian penulis memberikan judul “Implementasi Pembelajaran Mahfuẓat dalam Pembentukan Karakter Santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri”. Adapun rumusan adalah Bagaimana proses pembelajaran mahfuzat di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri?, Bagaimana proses pembentukan karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri?, Bagaimana implementasi pembelajaran mahfuzat dalam pembentukan karakter santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri? Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, proses pembentukan karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri melalui 7 tahapan, yakni: pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, uswah hasanah, pendekatan. Adapun implementasi pembelajaran mahfuzat dalam pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kediri, khususnya pada pembelajaran mahfuzat kelas 1 dan 1 intensif adalah; kerja keras, jujur, disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab dan religius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Yulia Rahmawatirahmazain85@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran mahfuz; Pembentukan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Rahmawati Zain
Date Deposited: 17 Mar 2016 02:01
Last Modified: 30 Nov 2016 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item