Analisis hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jasa titip di akun Instagram @goodieshopee dan Shopee twoelevenfashion

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Alivi Nadya Eka (2022) Analisis hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jasa titip di akun Instagram @goodieshopee dan Shopee twoelevenfashion. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alivi Nadya Eka Wardani_C02217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

nis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dengan pola deduktif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya terdapat dua metode transaksi, yaitu menggunakan WhatsApp dan Shopee. Dalam kedua transaksi tersebut, Kak Meity tidak menjelaskan secara rinci perihal harga pokok barang serta keuntungan yang ia ambil. Praktik jasa titip di akun Instagram @goodieshopee dan Shopee twoelevenfashion ini dilakukan dengan cara penggabungan keuntungan dengan harga pokok barang. Praktik yang seperti ini dapat dikatakan sebagai jual beli dengan menggunakan akad mura>bah}ah. Dalam hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah diperbolehkan, karena dalam rukun dan syaratnya telah terpenuhi, walaupun dari syarat sahnya ada dua poin yang belum terpenuhi, yaitu tidak menyebutkan harga pokok barang dan keuntungan. Pelaku jasa titip akan memberitahukan apabila pembeli berinisiatif untuk mempertanyakannya. Namun, para pembeli lebih menyukai penggabungan harga tersebut, dikarenakan transaksi akan jauh lebih mudah dan praktis. Kedua belah pihak telah sepakat dan saling ridha. Berdasarkan kesimpulan yang telah dijelaskan di atas, maka pihak-pihak yang bersangkutan yaitu pembeli atau pemesan, akan lebih baik jika sebelum melakukan transaksi melakukan konfirmasi perihal harga barang, agar terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri. Bagi penjual atau pelaku jasa titip, ada baiknya jika memberikan rincian harga dalam keterangan pembelian atau dicantumkan dalam deskripsi produk yang diunggah di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Alivi Nadya Ekaalivinadya@gmail.comC02217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muhmsholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Murabahah
Keywords: Jual beli; @goodieshopee; Shopee twoelevenfashion; jual beli online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alivi Nadya Eka Wardani
Date Deposited: 12 Jun 2022 13:15
Last Modified: 12 Jun 2022 13:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53451

Actions (login required)

View Item View Item