Rational emotive behavior therapy dengan Teknik Cognitive Disputation dalam menumbuhkan sikap penerimaan diri seorang remaja di Desa Lampah Kedamean Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Yusuf Adika (2022) Rational emotive behavior therapy dengan Teknik Cognitive Disputation dalam menumbuhkan sikap penerimaan diri seorang remaja di Desa Lampah Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusuf Adika Kusuma_B73218118.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian kali ini adalah proses munculnya problem sikap penerimaan diri yang kurang yang dialami oleh konseli dikarenakan oleh kenangan masa lalu konseli yang pernah terjerjerumus kedalam pergaulan bebas dan kegerombolan anak anak jalanan. Serta proses penanganan dalam mengatasi permasalahan kurangnya sikap penerimaan diri dengan menggunakan teknik cognitive disputation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunaan teknik konseling cognitive disputation. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan nantinya akan dijabarkan secara deskriptif. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti terjun langsung ke lapangan mengamati dan meneliti objek atau konseli secara langsung. Karena yang dihasilkan data ini berupa deskripsi yang berupa kata kata atau lisan dari orang lain maka disini peneliti sangat berperan penting dalam berlangsungnya penelitian tersebut. Hasil dari proses konseling kali ini dengan menggunkan teknik cognitive disputation dalam menumbuhkan sikap penerimaan diri seorang remaja di desa lampah dapat dikatakan berhasil dikarenakan dapat memberikan dampak yang positif bagi konseli. Konseli saat ini dapat merubah atau mengkontrol pemikiran irasionalnya dan konseli saat ini juga dapat lebih menerima dirinya sendiri sehingga prilaku negatif negatif yang dulunya sering muncul sekarang mulai dapat terkontrol bahkan berhasil dihilangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Yusuf Adikayusufadika09@gmail.comB73218118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Remaja
Keywords: Rational Emotive Behaviour Therapy; Cognitive Disputation; Sikap Penerimaan Diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: yusuf adika kusuma
Date Deposited: 15 Jun 2022 12:41
Last Modified: 15 Jun 2022 12:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53455

Actions (login required)

View Item View Item