Tinjauan hukum islam terhadap transaksi Affiliasi di Pakarbot.Com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qurrahman, Hafid (2020) Tinjauan hukum islam terhadap transaksi Affiliasi di Pakarbot.Com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafid Qurrahman_C92216160.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif, dimana pola pikir yang digunakan penulis dalam skripsi ini adalah deduktif yang bermula dari hal umum tentang praktik affiliasi di PakarBot.Com kemudian di analisis dengan akad. Sumber data yang didapatkan dari wawancara dengan pemilik perusahaan PakarBot.Com dan data dari laman resmi PakarBot.Com serta beberapa buku terkait dari judul skripsi ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan / mendeskripsikan seluruh data yang telah diperoleh dengan berbentuk paragrap. Penelitian ini menghasilkan data yaitu cara affiliate marketer dalam mendaftarkan diri di PakarBot.Com dengan melalui beberapa mekanisme berupa registrasi, melengkapi data diri dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Sehingga seorang affiiate marketer tersebut mendapatkan user name dan pasword, beserta link berupa video promosi maupun tutorial penggunaan produk. Setelah affiliate marketer sukses menjalankan kegiatan memasarkan produk, secara otomatis pihak PakarBot.Com memberikan komisi penjualan ke dalam rekening affiliate marketer dan pemberitahuan e-mail. Hal ini dapat disebut dengan akad ju’alah, karena telah memenuhi syarat dan rukun di dalamnya. Namun dalam beberapa kasus seorang affiliate marketer juga bertindak sekaligus sebagai pembeli dengan cara menggunakan akun ganda. Dimana oknum affiliate marketer tersebut membeli sendiri produk yang ia tawarkan untuk memperoleh diskon dan tentunya komisi dari penjualan tersebut. Dalam analisis hukum islam hal ini tidak dibenarkan karena perilaku dzolim oknum affiliate marketer dan akad jual beli setelah adanya pihak yang terdzolimi ialah bay’ najasy atau jual beli yang terlarang dimana adanya rekayasa di dalamnya Diharapkan dari pihak PakarBot.Com agar lebih menupgrade atau memperbarui sistem pendeteksi double account, karena dengan cara ini dapat meminimalisir tindakan curang oleh affiliate marketer. Selain itu juga masa depan perusahaan tetap terjaga dan menjauhkan dari banyak kerugian setelahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qurrahman, Hafidhafid.qurrachman97@gmail.comC92216160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohamadbudielhajj71@gmail.com2-10107101
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: transaksi Affiliasi; PakarBot.Com; affiliate marketer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hafid Qurrahman
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:12
Last Modified: 07 Jun 2022 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53470

Actions (login required)

View Item View Item