Pola hidup sederhana dalam Al-Qur'an: analisis tematik Tafsir Fi Zilal Al-Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahlevi, Mohd. Reza (2022) Pola hidup sederhana dalam Al-Qur'an: analisis tematik Tafsir Fi Zilal Al-Qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohd. Reza Fahlevi_E93218113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pola hidup sederhana merupakan salah satu hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang pada masa kini. Kemajuan zaman memang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat, namun di sisi lain dapat membuat manusia terlena dan terjerumus pada gaya hidup hedonisme. Oleh sebab itu penelitian ini hendak mengkaji tema pola hidup sederhana lewat penafsiran Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an, karena kitab ini ditulis atas dasar keresahannya melihat pemerintah Mesir yang menindas rakyat miskin di masanya, sementara mereka hidup berfoya-foya. Selain itu juga karena pengalamannya berkuliah di Amerika yang membuatnya memahami keburukan sistem hedonisme di sana. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini ialah, 1) bagaimana penafsiran ayat pola hidup sederhana dalam Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an, 2) bagaimana pendekatan ‘Ulum Al-Qur’an yang digunakan Sayyid Qutb dalam menafsirkan ayat pola hidup sederhana, 3) bagaimana kontekstualisasi penafsiran Sayyid Qut}b terhadap ayat pola hidup sederhana. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menemukan bentuk pola hidup sederhana dalam Alquran lewat analisis terhadap penafsiran dan pendekatan Sayyid Qutb pada Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an, sehingga dapat dikontekstualisasikan pada masa kini. Dalam menjawab problem tersebut, penelitian berjenis kepustakaan (library research) ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis penafsiran Sayyid Qutb pada Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an, yang di dalamnya mengkaji ayat-ayat yang berhubungan dengan tema pola hidup sederhana, mulai dari perintah untuk menjalankannya hingga larangan untuk bersikap berlebih-lebihan dan kikir. Kesimpuan dari penelitian ini ialah pembahasan mengenai bentuk perilaku sederhana ternyata sudah tergambarkan pada ayat-ayat Alquran, 1) menghemat pengeluaran (Q.S Al-Furqan ayat 67 dan Al-Isra’ ayat 29), 2) menggunakan harta sebaik mungkin (Q.S Al-Isra’ ayat 26 dan 27), 3) berbagi dengan berinfak dan berzakat (Q.S Al-‘Imron ayat 180 dan Muhammad ayat 38), 4) makan minum secukupnya, dan berpakaian sederhana (Q.S Al-Ar’af ayat 31), 5) bersabar dan bersyukur atas apa yang dimiliki (Al-Qasas ayat 78-80). Lalu dalam menafsirkan Ayat pola hidup sederhana, Sayyid Qut}b menggunakan pendekatan ‘Ulum Al-Qur’an, yakni munasabah. Kemudian bentuk kontekstualisasi penafsiran Sayyid Qut}b terhadap ayat-ayat tersebut, memunculkan 6 pola hidup sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan di masa kini, yakni membeli barang sesuai kebutuhan pada aplikasi jual beli online, merawat barang elektronik dan kendaraaan dengan baik, bersedekah lewat aplikasi online, berpakaian tidak bermerk, memasak makanan di rumah, dan menabung lewat tabungan online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahlevi, Mohd. Rezarezaf6518@gmail.comE93218113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id2006075901
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: pola hidup sederhana; kontekstualisasi; Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Reza Fahlevi
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:09
Last Modified: 07 Jun 2022 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53471

Actions (login required)

View Item View Item