Pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR ditinjau dari perspektif maslahah mursalah: studi kasus pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamaluddin, Muhamad (2021) Pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR ditinjau dari perspektif maslahah mursalah: studi kasus pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Jamaluddin_G94216187.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh kemudahan, kepercayaan, presepsi resiko ummat dan masalahah mursalah terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya, selain itu untuk menjelaskan perspektif maslahah mursalah bagi donatur SIZ yang bertransaksi dengan menggunakan kode QR pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya berdasar kemudahan, kepercayaan dan persepsi risiko umat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kegiatan penelitian dilakukan di Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya, yakni bertempat di Jalan Bratang Gede I Nomor 14, Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan penyebaran kuisioner atau angket. Hasil penelitian kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya. Hasil ini membuktikan bahwa mudahnya penggunaan kode QR dalam mengoprasikannya. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya. Mempertahankan donator menjadi poin utama selain menambah donator. Kepercayaan dilatih agar tetap sanggup mempertahankan menjadi donator, meski dilakukan secara pembayaran menggunakan kode QR. Persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya. Minimnya resiko yang ada, maka dapat memberikan hasil yang signifikan. Resiko yang timbul dengan penggunaan kode QR ialah adanya penyebaran kode QR palsu yang bukan milik Yayasan Sahabat Mustahik Sejahtera Surabaya. Maslahah mursalah umat berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi dengan menggunakan kode QR pada Yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera Surabaya. Karena Tujuan dari kode QR baik, bermanfaat bagi masyarakat umum yang menggunakannya. Perspektif maslahah mursalah terkait dengan transaksi SIZ dengan menggunakan kode QR menurut para ahli dikategorikan dalam maslahah mursalah hajjiyah. Pasalnya ialah permasalahan ini masih menjadi salah satu kebutuhan masyarakat bagi yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamaluddin, Muhamadjamalcimbniaga@gmail.comG94216187
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Zakat
Keywords: Transaksi; kode QR; yayasan Sahabat Mustahiq Sejahtera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Jamaluddin
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:21
Last Modified: 15 Jun 2022 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53479

Actions (login required)

View Item View Item