Eksistensi media cetak dakwah instansi pemerintah: studi kasus majalah MPA Kanwil Kemenag Prov. Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Achmad Fahmi (2022) Eksistensi media cetak dakwah instansi pemerintah: studi kasus majalah MPA Kanwil Kemenag Prov. Jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fahmi Abdillah_B01215003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Majalah merupakan media massa yang bisa menyampaikan pesan dakwah kepada khalayak luas. Namun tidak semua majalah disebut majalah dakwah. Karena majalah dakwah memiliki karakteristik tersendiri pada pesan yang tertulis di dalamnya. Majalah MPA merupakan salah satu majalah dakwah yang masih bertahan sampai saat ini. Karena hal itu Eksistensi Media Cetak Dakwah Majalah MPA, selama kurang lebih satu abad ini berdiri dengan berbagai problematika yang ada.Oleh karenanya, perlu pembuktian akan keberadaan Majalah MPA sebagai majalah dakwah. Yang dapat dinilai dan dinikmati oleh beberapa orang yang menanyakan mengenai media cetak tersebut apakah media dakwah.Penelitian ini berfokus pada Eksistensi Majalah Cetak Dakwah, dalam hal ini yang akan diteliti yaitu Studi Kasus Majalah MPA Kanwil Kemenag Prov. Jatim. Pemaparan hasil penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif, yang menjelaskan bahwa majalah MPA sudah cukup eksis sebagai media dakwah. Karena di dalam isi majalah MPA sendiri mengedepankan berita positif di setiap penerbitannya. Maka tak heran responden dari lingkungan Kemenag Provinsi, Kabupaten maupun Kota selalu menunggu dan membutuhkan penjelasan seputar materi dakwah untuk menjawab problematika di setiap harinya. Mayoritas para pembaca membutuhkan materi yang memuat kandungan dakwah di dalamnya. Seperti rubrik seputar khutbah, pendidikan, edukasi, opini, cahaya hati, selasar, mimbar madrasah, rubrik tanya jawab seputar wakaf, parenting, kepeghuluan dan rubrik- rubrik lain yang ada di majalah MPA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Achmad Fahmiabdiifahmii@gmail.comB01215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Jurnalisme
Keywords: Eksistensi; majalah; majalah sebagai dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Achmad Fahmi Abdillah
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:58
Last Modified: 17 Jun 2022 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53495

Actions (login required)

View Item View Item