Kisah Ashab Al-Qaryah: analisis Ppenafsiran Al-Zamakhsyari dan KH. Bisri Musthafa dalam QS. Yasin ayat 13-29

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholishoh, Maryamul (2021) Kisah Ashab Al-Qaryah: analisis Ppenafsiran Al-Zamakhsyari dan KH. Bisri Musthafa dalam QS. Yasin ayat 13-29. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maryamul Kholishoh_E03217026 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kandungan Alquran adalah kisah-kisah, baik yang terjadi di masa lampau atau masa yang akan datang. Qasas Alquran menduduki peran penting sebab ia disampaikan berulang kali dalam Alquran. Salah satu kisah yang diabadikan dalam Alquran adalah kisah Ashab al-Qaryah yang termaktub dalam surah Yasin ayat 13-29. Kisah ini menceritakan tentang suatu kaum penyembah berhala yang diganjar oleh Allah SWT sebab mengingkari utusan yang membawa risalah-Nya. Banyak mufassir yang menjelaskan makna Ashab al-Qaryah dalam karya tafsirnya. Beberapa mufassir menjelaskan bahwa Ashab al-Qaryah merupakan penduduk di daerah Yunani bernama Antakiyah, namun beberapa mufassir lain menolak pendapat tersebut dengan argumentasi yang mereka miliki. Kisah Ashab al-Qaryah menjadi topik utama dalam penelitian ini dengan mengkomparasikan penafsiran al-Zamakhsari dalam kitab al-Kashshaf dan penafsiran KH. Bisri Mustafa dalam kitab Al-Ibriz serta bagaimana perbedaan dan persamaan penafsiran keduanya. Penelitian ini menggunakan metode Library research dengan pendekatan kualitatif yang relevan dengan tema yang dibahas. Dari kedua mufassir diatas, menghasilkan produk yang berbeda mengenai kisah Ashab al-Qaryah dalam surah Yasin ayat 13 – 29. Dari kedatangan utusan, respon yang Ashab al-Qaryah berikan, hingga balasan yang mereka dapatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholishoh, Maryamulmaryamkholishoh@gmail.comE03217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdulalidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Dongeng
Keywords: Ashab al-Qaryah; Al-Zamakhsari; KH. Bisri Mustafa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Maryamul Kholishoh
Date Deposited: 28 Oct 2023 11:24
Last Modified: 28 Oct 2023 11:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53499

Actions (login required)

View Item View Item