Strategi pelayanan administrasi ibadah haji dan umrah di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Hajar Aswad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatwa, Fadila (2022) Strategi pelayanan administrasi ibadah haji dan umrah di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Hajar Aswad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadila Fatwa_B04216010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pelayanan administrasi yang diterapkan oleh KBIH Hajar Aswad dan untuk mengetahui jenis-jenis pelayanan administrasi yang ada di KBIH Hajar Aswad Suarabaya. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan sistem wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan jawaban dari beberapa dari rumusan masalah. Berikut adalah penjelasannya : ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses pendaftaran calon jama’ah haji dan umrah. Faktor yang dapat mempengaruhi yaitu, kurangnya pegawai dalam proses pendaftaran haji dan umrah. Sehingga, prosesnya cukup memakan waktu yang cukup lama. Namun, dengan kurangnya pegawai KBIH, pegawai berusaha memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelayanan yang diberikan terhadap konsumen. Sehingga, konsumen dapat merasakan pelayanan yang baik telah diberikan oleh pegawai KBIH.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatwa, Fadilafadilafatwa5@gmail.comB04216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Haji
Manajemen Dakwah
Keywords: haji; umrah; KBIH; Hajar Aswad
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fadila Fatwa
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:19
Last Modified: 13 Jun 2022 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53511

Actions (login required)

View Item View Item