Pengembangan video animasi berbasis konseling spiritual untuk membangun karakter islami pada anak di Desa Alue Sentang Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Mahza (2022) Pengembangan video animasi berbasis konseling spiritual untuk membangun karakter islami pada anak di Desa Alue Sentang Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahza Fadilah_B73218096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan video animasi berbasis konseling spiritual untuk membangun karakter islami pada anak dan bagaimana evaluasi pengembangan video animasi berbasis konseling spiritual untuk membangun karakter islami pada anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik ; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan pengembangan media dilakukan dengan 10 tahapan diantaranya yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, uji validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, dan terakhir produksi masal. Hasil dari serangkaian proses penelitian ini yaitu video animasi ini masuk dalam ketagori layak berdasarkan hasil uji validasi dari tiga orang ahli dengan persentase nilai 81,25%. Ada perubahan signifikan sebelum uji coba produk dan setelah uji coba produk pada subjek dengan kategori mampu pada nilai kesopanan, mampu pada nilai disiplin, sangat mampu aspek kejujuran, mampu pada nilai amanah, dan sangat mampu pada nilai keta’atan beribadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Mahzamahzafadilah12@gmail.comB73218096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwatah, Suwatahmohnuruddin151264@gmail.com2115126401
Subjects: Anak
Islam
Keywords: Video Animasi; konseling spiritual; pembangunan karakter Islami
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mahza Fadilah
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:48
Last Modified: 22 Jun 2022 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53557

Actions (login required)

View Item View Item