Moderasi Islam Tarim: kajian tentang peran alumni Yaman di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maftuh, Maftuh (2021) Moderasi Islam Tarim: kajian tentang peran alumni Yaman di Indonesia. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maftuh_ F53416017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Moderasi Islam Alumni Tarim Hadramawt Yaman di Indonesia yang telah memiliki kontribusi keagamaan yang cukup besar terhadap paham keagamaan masyarakat di Indonesia khususnya di daerah-daerah dimana mereka bertempat tinggal. Studi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi because motive dan in order to motive Alfred Schutz. Ada tiga pertanyaan penelitian yang dirumuskan dalam studi ini. Pertama. Bagaimana proses pembentukan ideologi dan jaringan intelektual alumni Tarim Hadramawt Yaman? Kedua, Bagaimana dinamika pemahaman alumni Tarim Hadramawt Yaman tentang moderasi Islam di Indonesia? Ketiga, Bagaimana Aktifitas sosial para alumni Tarim Hadramawt Yaman dalam menyebarkan ajaran moderasi Islam di Indonesia?. Hasil penelitian ini dapat diulas sebagai berikut; Pertama, proses pembentukan ideologi dan jaringan intelektual alumni Tarim Hadramawt Yaman terbentuk secara akademis melalui sebuah manhaj dirasah di Tarim yang dikenal dengan istilah Madrasah Had}ramawt. Kedua, Moderasi Islam menurut pandangan alumni Tarim Had}ramawt Yaman adalah Islam Rahmah, yaitu pemahaman Islam yang memiliki sikap toleran, rukun dan kooperatif dengan kelompok-kelompok agama yang berbeda. Pandangan ini lebih bermakna teologis, daripada politis. Ketiga, Aktifitas sosial alumni Tarim Hadramawt Yaman dalam menyebarkan ajaran Islam yang ramah di Indonesia, secara garis besar terdapat beberapa model yaitu (a). Melalui jalur pendidikan, (b). Melalui dakwah yang santun dan ramah. (c). Melalui majelis-majelis ta’lim rutinan (d). Melalui Lembaga Sosial-Kemasyarakatan. (e). Melalui jalur politik. (f). Berkiprah di dunia Akademisi dan Birokrasi dan (g). Melalui jalur dialog.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maftuh, Maftuhmaftuh10@gmail.comF53416017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainuri, Ach.ajainuri@hotmail.com2020125103
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Subjects: Dirasah Islamiyah
Keywords: Moderasi Islam, gerakan sosial dan Alumni Tarim Hadramawt Yaman
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Maftuh Maftuh
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:42
Last Modified: 21 Jun 2022 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53584

Actions (login required)

View Item View Item