Anlisis Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap Kewenangan Kepala Desa dalam pengelolaan Wisata Religi di Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawy, Muhammad Haris (2021) Anlisis Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap Kewenangan Kepala Desa dalam pengelolaan Wisata Religi di Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Haris Alawy_C95214054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka penulisan skripsi ini, salah satu kegiatan utama adalah dilalukan penel;itian lapangan atau field reseaCrh dengan menggunakan metode penelitian hukum empiris yang diperolah melalui pengumpulan data diantaranya; Dokumentasi, Wawancara dan Observasi.Analisis yang digunakan yaitu; Deskriptif analisis dengan pola pikir Deduktif. Pcnelitian ini menyimpulkan bahwa; Pertama, kewenangan Kepala Desa dalam Pengelolaan Wisata Relegi Di Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang dalam meningkatkan potensi wisata lokal seharusnya membuat tujuh pokok peraturan sesuai dengan Peraturan Daerah sebagai implementasi terkait dengan operasional wisata bersama aparatur desa (BPD) dan kelompok wisata, meretribusikan dana pengelolaan wisata ke Desa dan melakukan pembinaan kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Jombang. Sayangnya, hal tersebut belum dilakukan.Kedua, Kewenangan Kepala Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang tidak sesuai dengan Fiqh Siyasah.khususnya Siyasah Dusturiyah karena Kepala Desa sebagai pemimpin atau imamah tidak menjalankan Perda (Peraturan Daerah) Nomor 2 Tahun 2021 dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 31 Tahun 2016 Kabupaten Jombang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka Kepala desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang hendaknya lebih konsisten berpedoman atau berlandaskan pada legislasi aturan yang sudah ditetapkan baik pemerintah daerah maupun ketetapan yang lain dalam rangka menjalankan kewenangannya maupun dalam mcngelola pariwisata. Sclanjutnya mengadakan suatu pelatihan untuk mengasah keterampilan pengelola dan pemandu wisata demi keberlangsungan pariwisata yang ada di Desa Mancilan agar ke depannya semakin berkembang baik serta dapat meningkatkan kesejahteraan warganya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawy, Muhammad Harisalawymuhammad3@gmail.comC95214054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadhifah, Nurul Asiyaifa_nadhifah@yahoo.co2023047502
Subjects: Kepala Desa
Keywords: Kewenangan; kepala desa; wisata religi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhammad Haris Alawy
Date Deposited: 27 Jun 2022 11:12
Last Modified: 25 Oct 2022 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53594

Actions (login required)

View Item View Item