Penanaman nilai-nilai moralitas keislaman melalui panca dasar persaudaraan setia hati terate, ekstrakurikuler di Smk 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Ririn Ambar (2021) Penanaman nilai-nilai moralitas keislaman melalui panca dasar persaudaraan setia hati terate, ekstrakurikuler di Smk 1 Krian Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Ambar Wati_F02319079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era sekarang ini banyak kasus yang menimpa kalangan pelajar, terutama dalam pembiasaan hal-hal Islam seperti ikut terlibat dengan geng dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Orangtua merasa cemas jika anaknya mengikuti beladiri, ditakutkan akan menjadi nakal dan berbuat diluar kendali. Maka dari itu dalam ekstrakurikuler persaudaraan setia hati terate atau jika disingkat menjadi PSHT ditanamkan nilai-nilai Moralitas Keislaman sehingga meminimalisir remaja-remaja untuk terlibat dengan hal-hal negatif. Sehingga peneliti ingin mengetahui strategi pelatih dalam penanaman nilai moralitas keislaman terhadap siswa.Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Analysis Interactive Model dari Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Ekstrakurikuler smk 1 krian Proses Penanaman Nilai-Nilai Moralitas Keislaman pada Ekstrakurikuler Persaudaraan Setia Hati Terate di SMK 1 Krian Sidoarjo Ruang lingkup nya merujuk kepada ajaran inti Islam yaitu lingkup keyakinan (akidah), lingkup norma (syariah), muamalat dan perilaku (akhlak/behavior). Yang terdapat dalam ajaran persaudaraan Setia Hati Terate yang dinamakan Panca Dasar. Yang antara Lain Persaudaraan, Olahraga, Beladiri, Kesenian, dan Kerohanian. formulasi atau konsep nilai moralitas keislaman yang sepadan dengan panca dasar persaudaraan setia hati terate antara lain : Silaturahmi, Takziyah, dan Ukhuwah Islamiah yang terdapat pada Poin pertama yakni Persaudaraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Ririn Ambarririnambarwati32@gmail.comf02319079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Islam
Olah Raga
Pencak Silat
Keywords: Persaudaraan; Penanaman; Nilai-nilai Moralitas Keislaman; Ekstrakurikuler Pencaksilat
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ririn ambar wati
Date Deposited: 22 Jun 2022 12:25
Last Modified: 22 Jun 2022 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53600

Actions (login required)

View Item View Item