Analisis pengaruh nilai Investasi, upah minimum Kabupaten dan jumlah unit usaha, terhadap penyerapan tenaga kerja industri kecil menengah di Kabupaten Sidoarjo 2011-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Siti Maslahah Nur (2022) Analisis pengaruh nilai Investasi, upah minimum Kabupaten dan jumlah unit usaha, terhadap penyerapan tenaga kerja industri kecil menengah di Kabupaten Sidoarjo 2011-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maslahah Nur Maghfiroh_G01218025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri merupakan salah satu sumber pertumbuhan ekonomi daerah. Industrialisasi juga dapat meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan taraf hidup. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah variabel (nilai investasi, upah minimum kabupaten, jumlah unit usaha) secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja,selain itu manakah variabel yang dominan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada IKM di Kabupaten Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel (nilai investasi, upah minimum kabupaten dan jumlah unit usaha) secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan terhadap variabel penyerapan tenaga kerja pada IKM di Kabupaten Sidoarjo. Untuk variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel Jumlah unit usaha.Melihat hal ini sebaiknya pemerintah memberikan investasi yang diarahkan untuk mendirikan dan membuka usaha baru dibandingkan dengan menambah jumlah dari teknologi, sehingga penyerapan tenaga kerja akan bertambah lebih besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Siti Maslahah Nursitimaslahahnur72@gmail.comG01218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Tenaga Kerja
Upah Minimum
Keywords: Nilai investasi; upah minimum kabupaten; jumlah unit usaha; penyerapan tenaga kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Siti Maslahah Nur Maghfiroh
Date Deposited: 25 Jun 2022 10:30
Last Modified: 25 Jun 2022 10:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53616

Actions (login required)

View Item View Item