Metode bimbingan dan konseling Nabi dalam Hadist

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syadid, Muhammad (2021) Metode bimbingan dan konseling Nabi dalam Hadist. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syadid _ B03216025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teori bimbingan dan konseling yang selama ini jamak digunakan dalam suatu proses bimbingan dan konseling belum sepenuhnya sesuai dengan epistimologi Islam dan kondisi sosial budaya umat Islam. Konsep metode bimbingan dan konseling yang terdapat dalam teks-teks hadist belum sepenuhnya disadari, dipahami, dan diterapkan dengan baik oleh sebagian konselor dan praktisi konseling Islam. Sedangkan, dalam suatu proses bimbingan dan konseling, metode merupakan satu aspek yang penting dalam mencapai tujuan dari sebuah proses konseling tersebut. Berangkat dari hal tersebut, maka penelitian ini muncul bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan dan konseling yang diterapkan oleh Nabi yang diambil dari beberapa hadist yang terdapat dalam kitab Shahih Bukhari.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Sumber pokok data diambil dari Kitab Hadist Shahih Bukhari. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Untuk memastikan otentisitas sumber referensi peneliti mengupayakan setiap hadist telah dijelaskan derajat keshahihannya.Penelitian ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW menerapkan metode direktif, non-direktif, dan eklektik yang terlihat dalam hadist. Rasulullah menitikberatkan beratkan pada perbedaan masing-masing individu sahabat bukan pada persamaan. Selain itu yang menjadi pertimbangan lain adalah setiap pribadi dari masing-masing sahabat memliki kemampuan yang berbeda pula dalam menghadapi atau menerima suatu permasalahan. Pada metode direktif Rasulullah SAW sebagai konselor secara langsung memberikan jawaban, arah dan nasehat kepada para sahabat dari masing-masing masalah yang sudah disampaikan. Pada metode non-direktif Rasulullah SAW membangun rasa optimisme dan kepercayaan diri agar supaya klien dapat menentukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapinya dan agar supaya klien dapat bertanggung jawab atas pilihan yang telah diambil oleh klien. Pada metode eklektik Rasul memberikan media kepada klien yaitu ruang dan kesempatan untuk berpikir dan menyadari kebebasan dan juga tanggunga jawab yang telah diambil oleh klien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syadid, Muhammadsyadidmuhammad@gmail.comB03216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Bimbingan Konseling
Hadis
Keywords: Bimbingan dan Konseling; Hadist
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad syadid Syadid
Date Deposited: 25 Jun 2022 16:29
Last Modified: 25 Jun 2022 16:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53618

Actions (login required)

View Item View Item