Konflik Kerajaan Majapahit dan Kesultanan Demak pada abad 14-16 M menurut Babad Demak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Annisa Qurrotun (2022) Konflik Kerajaan Majapahit dan Kesultanan Demak pada abad 14-16 M menurut Babad Demak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Qurrotun Nada_A92218089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dalam penulisannya menggunakan pendekatan sejarah. Pendekatan ini bertujuan untuk menelaah kronologi konflik Kerajaan Majapahit dan Kesultanan Demak di masa lampau dengan menggunakan sumber-sumber sejarah seperti Babad Demak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori konflik menurut Ralf Dahrendorf dan teori hegemoni Antonio Gramsci. Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian yang di dapatkan menyimpulkan bahwa: (1) kondisi Kerajaan Majapahit mengalami banyak kekacauan tepat setelah kepemimpinan Hayam Wuruk, sedangkan Kesultanan Demak berada pada fase awal pendirian kerajaan. (2) Babad Demak I berisi cerita-cerita sejarah mulai dari hubungan kekerabatan Kerajaan Majapahit, peristiwa konflik dengan Demak hingga tokoh-tokoh yang memiliki keterkaitan dengan kedua kerajaan tersebut. (3) Konflik Demak dan Majapahit terjadi lebih dari sekali yang berakhir pada kemenangan Kesultanan Demak dan pada saat itu dampaknya menjadi salah satu sebab keruntuhan bagi Kerajaan Majapahit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Annisa Qurrotunannisaqurrotun01@gmail.comA92218089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Kerajaan Majapahit; Kesultanan Demak; Konflik; Babad Demak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Annisa Qurrotun Nada
Date Deposited: 25 Jun 2022 09:33
Last Modified: 25 Jun 2022 09:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53619

Actions (login required)

View Item View Item