Analisis hukum ekonomi syariah dan fatwa Dsn-Mui No: 117/Dsn-Mui/Ii//2018 terhadap P2p Lending Di Pt. Sejahtera Lunaria Annua

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Rizky Dyah Nur (2022) Analisis hukum ekonomi syariah dan fatwa Dsn-Mui No: 117/Dsn-Mui/Ii//2018 terhadap P2p Lending Di Pt. Sejahtera Lunaria Annua. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Dyah Nur Amelia_C02217049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder, data primer yaitu berupa data hasil observasi, wawancara dan obyek penelitian sendiri. Sedangkan data sekunder data yang didapatkan dari buku, jurnal, skripsi, berita, internet, serta dokumen-dokumen resmi yang berhubungan dengan obyek penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul data diolah menggunakan teknik organizing dan analis. Langkah selanjutnya data akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan pola fikir deduktif yaitu mengampil pernyataan umum yang kemudian dapat ditarik kesimpulan yag bersifat khusus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, mekanisme pembiayaan P2P Lending pada platform Koinworks adalah dengan mendaftarkan diri pada aplikasi Koinworks dan memilih untuk menjadi pendana atau peminjam, untuk pendana maka memilih menu KoinP2P dan peminjam memilih menu KoinBisnis, kemudian dari pendana bisa langsung mendanai melalui marketplace Koinworks dengan memilih secara bebas kepada siapa ia akan memberikan dana, dan untuk peminjam bisa melengkapi data untuk syarat peminjaman sampai mendapatkan ID pinjaman dan menunggu antrian sampai tahap menerima pendanaan, setelah pendana melakukan pendanaan kepada Koinworks maka pendana tinggal menunggu proses pengumpulan dana kembali dari peminjam.
Berdasarkan tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dan Fatwa Dsn-Mui No: 117/Dsn-Mui/II//2018 pelaksanaan layanan pembiayaan berbasis teknologi informasi berdasarkan prinsip syariah pada pembiayaan P2P Lending di Koinworks dinyatakan tidak sah. Karena penerapan pembiayaan P2P Lending di Koinworks jauh dari prinsip syariah dan masih menggunakan sistem bunga yang jelas diharamkan oleh agama islam. Saran bagi pihak koinworks untuk menciptakan produk berbasis syariah agar lebih maju dan masyarakat beragama islam bisa menggunakan platform dengan mengetahui dasar hukum yang jelas seta terhindar dari riba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Rizky Dyah Nurrizkydyah1999@gmail.comC02217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Pembiayaan; ijarah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizky Dyah Nur Amelia
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:54
Last Modified: 28 Jun 2022 05:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53663

Actions (login required)

View Item View Item