Problematika pembelajaran pendidikan agama islam dan solusinya bagi peserta didik Tuna Grahita di SMPLB PGRI Dlanggu Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Hany Nur (2022) Problematika pembelajaran pendidikan agama islam dan solusinya bagi peserta didik Tuna Grahita di SMPLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hany Nur Hidayah_D71218071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa anak penyandang cacat mental maupun fisik berhak mendapatkan pendidikan yang layak dengan pemberian layanan pendidikan khusus dalam prosen pembelajaran, dinyatakan dalam UU No. 20 Tahun 2003, Pasal 32 dinama anak tuna grahita mendapatkan hak yang sama dengan keterbatasan yang dimiliki. Sehingga tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui problematika yang dihadapi peserta didik tuna grahita pada pembelajaran PAI dan bagaimana solusi yang dilakukan di SMPLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui berbagai cara mulai dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik purposive sampling digunakan sebagai teknik penentu informan dalam penelitian. Sehingga hasil penelitian menyatakan bahwa problematika pembelajaran PAI pada anak tuna grahita di SMPLB PGRI Dlanggu Mojokerto dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam diri anak tuna grahita yaitu tentang ketunaannya hambatan berfikir, susah untuk berinteraksi dan faktor luar ketunaan yaitu kurangnya tenaga pendidik, sarana prasarana yang kurang lengkat, tidak adanya buku panduan peserta ddik, dan faktor lingkungan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Hany Nurhanynurhidayah14@gmail.comD71218071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorFaizin, Mohammadfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: problematika pembelajaran; pendidikan agama islam, Tuna Grahita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hany Nur Hidayah
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:11
Last Modified: 29 Jun 2022 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53676

Actions (login required)

View Item View Item