Penerapan summarize learning method untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Dea Novita (2022) Penerapan summarize learning method untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea Novita Anwar_D91218128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rangkuman sebagai salah satu strategi sistematisasi dalam membuat produk pengajaran lebih menarik bagi siswa karena mendemonstrasikan gagasan utama materi yang disajikan sehingga dapat memusatkan perhatian siswa hanya untuk isi pembelajaran. Hal ini diharapkan mampu memangkas atau meminimalisir kesukaran yang dialami oleh siswa dalam memahami materi yang diperkenalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada hasil belajar pendidikan agama Islam menggunakan summarize learning method dan hasil belajar yang tidak menggunakan summarize learning method pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Model penelitian ini dilaksanakan menggunakan model penelitian tindakan kelas. Adapun metode pengumpulan data yang akan penulis gunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah dilakukan penelitian dan olah data statistik diperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil daripada 0.05, atau jika disederhanakan dengan angka menjadi 0.039 < 0.05 sehingga peneliti mendapatkan perbedaan hasil yang signifikan antara kelas yang menggunakan penerapan summarize learning method dengan kelas yang tidak menggunakan penerapan summarize learning method.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Dea Novitadea.novita123@gmail.comD91218128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorFu'ad, Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: strategi pembelajaran; sistematis pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Novita Anwar
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:34
Last Modified: 11 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53703

Actions (login required)

View Item View Item