Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar studi PAI di SMPN 1 Waru SIdoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Adam (2022) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar studi PAI di SMPN 1 Waru SIdoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adam Hidayatullah_D71218054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adam Hidayatullah, D71218054 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Studi PAI di SMPN 1 Waru Sidoarjo, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya, Pembimbing Dra. Ilun Mualifah, M.Pd dan Drs. Sutikno, M.Pd.I.Dalam penelitian ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar studi PAI di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang monoton dan ditambah dengan adanya peristiwa covid-19 yang sedang berlangsung serta lamanya pembelajaran daring. Penelitian ini memakai metode kuantitatif deskriptif yaitu observasi, wawancara, pemberian angket dan dokumentasi. Penelitian ini mendapatkan izin dari kepala sekolah bahwa untuk pengambilan data hanya dari kelas VIII A dan kelas VIII B dengan jumlah 64 siswa dikarenakana populasi kurang 100 maka peneliti menggunakan penelitan populasi. Peneliti menggunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas dan liniearitas serta menggunakan skala likert, analisis regresi sederhana, R dan R square, uji F, uji T dan nilai rata-rata PTS dan PAS kelas VIII A dan kelas VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implemenatasi yang model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dilakukan ketika setelah pemberian materi, kemudian digunakan metode cerdas cermat, tanya jawab, kuis berhadian dan sebagainya. Adapun minat belajar siswa yang ditunjukkan oleh siswa adalah para siswa ikut serta, merasa senang dan tidak bosan. adapun efektivitas model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar studi PAI di SMPN 1 Waru Sidoarjo dari hasil pengujian analisis dapat disimpulkan bahwasannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) tergolong efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Adamadamhidayatullah703@gmail.comD71218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorMualifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Efektivitas; TGT (Team Game Tournament); Minat Belajar; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adam Hidayatullah
Date Deposited: 01 Jul 2022 05:14
Last Modified: 01 Jul 2022 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53705

Actions (login required)

View Item View Item