Kearifan lokal dalam arsitektur Makam Dewi Sekardadu Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Siti Khumairotul (2022) Kearifan lokal dalam arsitektur Makam Dewi Sekardadu Gresik Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khumairotul Lutfiyah_A92218127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul kearifan lokal dalam arsitektur makam Dewi Sekardadu Gresik Jawa Timur. Dewi Sekardadu adalah ibu kandung Sunan Giri, salah satu Walisongo penyebar Islam di Tanah Jawa. Penelitian ini terfokus pada tiga permasalahan tentang: (1) cerita rakyat makam Dewi Sekardadu di Gresik Jawa Timur, (2) gaya arsitektur makam Dewi Sekardadu Gresik Jawa Timur, dan (3) wujud kearifan lokal dalam arsitektur makam Dewi Sekardadu Gresik Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi kognitif dan dianalisis dengan menggunakan teori local genius. Dengan menggunakan teori local genius diharapkan dapat mempermudah peneliti dalam melakukan penelitian terhadap kearifan lokal yang terdapat pada makam Dewi Sekardadu Gresik sebagai wujud lokal genius masyarakat. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode etnografi yang meliputi observasi, interview, analisis data, interpretasi, dan pelaporan.Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah (1) cerita rakyat makam Dewi Sekardadu di Gresik Jawa Timur itu Sunan Giri bermunajat kepada Allah agar makam Dewi Sekardadu beserta bukitnya dipindahkan dari Blambangan ke Gresik, Giri Kedaton, tempat pertama kali Sunan Giri menyebarkan agama Islam, (2) gaya arsitektur makam Dewi Sekardadu di Gresik Jawa Timur adalah arsitektur lokal pasca Hindu yang memiliki ekspresi lokal dengan mengedepankan simbol, (3) wujud kearifan lokal dalam arsitektur makam Dewi Sekardadu di Gresik Jawa Timur adalah pada bangunan cungkup, tata letak makam, gapura, jirat dan nisan, pendopo, serta ornamen floral yang menggambarkan kebudayaan lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Siti Khumairotulkhumairotullutfiyah@gmail.comA92218127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Akulturasi
Arkeologi
Budaya Islam
Keywords: Dewi sekardadu; kearifan lokal; arsitektur makam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Siti Khumairotul Lutfiyah
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:30
Last Modified: 04 Jul 2022 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53732

Actions (login required)

View Item View Item