Strategi komunikasi guru dalam pembelajaran daring di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Jatirogo Tuban Jawa Timur selama masa pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pasapati, Ilham Dwi (2022) Strategi komunikasi guru dalam pembelajaran daring di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Jatirogo Tuban Jawa Timur selama masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilham Dwi Pasapati_B75217120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan yang dilakukan oleh para guru di SDIT Al Uswah Jatirogo dalam belajar daring dimasa pandemi Covid-19. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan konstruktivis serta menggunakan teori strategi komunikasi Dan O’Hair. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan yaitu: (1) Memilih media komunikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa diantaranya Google Classroom, Google Meet, Google Drive, Zoom, WhatsApp, dan Youtube (2) Guru aktif dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran melalui WhatsApp group dan menjadwalkan video call Zoom dan Google Meet seminggu 3 kali; (3) Membuat video tutorial atau contoh kasus di Youtube pada pelajaran agama Islam dan Matematika; (4) Pelajaran Al-Qur’an memanfaatkan voice note untuk kegiatan hafalan; (5) Guru berkomunikasi secara pribadi kepada siswa apabila tidak paham dengan materi pembelajarannya. Temuan pada penelitian strategi komunikasi guru yang bisa dijadikan referensi dalam pembelajaran jarak jauh yaitu video call, membuat video di Youtube, dan komunikasi secara pribadi kepada siswanya. Penelitian ini direkomendasikan kepada para guru di SDIT Al Uswah, akademisi dan tenaga pendidik lainnya untuk menerapkan strategi komunikasi yang efektif selama belajar daring di masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pasapati, Ilham Dwiilhamdwipasapati22@gmail.comB75217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Belajar
Komunikasi
Keywords: Strategi Komunikasi Guru; Pembelajaran Daring; SDIT Al Uswah Jatirogo; Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilham Dwi Pasapati
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:40
Last Modified: 05 Jul 2022 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53740

Actions (login required)

View Item View Item