Analisis komparatif metode istinbath hukum LBM NU Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama’ 1987 dan muktamar tarjih XXII tahun 1989 tentang sisa hasil usaha koperasi simpan pinjam Tahun 1989 Tentang Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtyas, Vira (2022) Analisis komparatif metode istinbath hukum LBM NU Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama’ 1987 dan muktamar tarjih XXII tahun 1989 tentang sisa hasil usaha koperasi simpan pinjam Tahun 1989 Tentang Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vira Ayuningtyas_C05218011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian pustaka yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dari adanya penulisan skripsi ini adalah untuk menjawab keresahan akademik yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi: 1. Bagaimana metode istinbath hukum LBM NU MUNAS Alim Ulama Nahdlatul Ulama’ 1987 Tentang Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam? 2. Bagaimana Metode Istinbath Hukum Muktamar Tarjih XXII di Malang tahun 1989 Tentang Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam? 3. Persamaan dan perbedaan Metode Istinbath Hukum LBM NU MUNAS Alim Ulama Nahdlatul Ulama’ 1987 Dan Muktamar Tarjih XXII di Malang tahun 1989 Tentang Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam? Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode membaca, menalaah dan mengkaji sumber-sumber kepustakaan baik yang berbentuk cetak maupun digital yang relevan dengan pembahasan pada penulisan ini. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara semi struktur sebagai data penunjang dalam penelitian ini. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, dilakukan analisis menggunakan analisis komparatif. Analisis komparatif yaitu dengan menganalisis data yang diperoleh dan kemudian membandingkan data satu dengan data yang lain untuk ditemukan persamaan dan perbedaan serta solusi untuk memecahkan perbedaaan dari kedua data tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode istinbat hukum yang digunakan Lembaga Bahsul Masail Munas Alim Ulama 1987 Tentang Koperasi Simpan Pinjam menggunakan metode qouly, yaitu pemecahan masalah merujuk pada kutub al-mu’tabarah. Sedangkan pada putusan Muktamar Majelis Tarjih 1989 di Malang mengenai Hukum Koperasi Simpan Pinjam, bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Sunnah al-maqbûlah. Penggunaan metode dengan menggunakan metode bayani dengan pendekatan bayani, metode ta’lili dan istilahi dengan menggunakan pendekatan burhani, dan pendekatan irfani sebagai pelengkap dari metode dan pendekatan yang lain. Pada akhir penulisan ini, penulis menyarankan agar koperasi simpan pinjam dapat berlangsung sesuai dengan syari’at islam dan tujuan dari berdirinya koperasi itu sendiri sesuai dengan harapan para anggota koperasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtyas, ViraAvira726@gmail.comC05218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Moch. Zainulzainularifin231@gmail.com2017047102
Subjects: Hukum Islam
Koperasi
Hukum Islam > Mudharabah
Keywords: Analisis komparatif; metode istinbath; hukum LBM NU; muktamar tarjih XXII; usaha koperasi; simpan pinjam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Vira Ayuningtyas
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:47
Last Modified: 05 Jul 2022 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53747

Actions (login required)

View Item View Item