Pendampingan kelompok ibu-ibu PKK dalam peningkatan ekonomi melalui pengelolaan budidaya tambak di Dusun Margorukun Desa Margoanyar Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviani, Alifia Zula (2022) Pendampingan kelompok ibu-ibu PKK dalam peningkatan ekonomi melalui pengelolaan budidaya tambak di Dusun Margorukun Desa Margoanyar Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Zula Noviani_B92217093 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas strategi pendampingan kepadaibu-ibu pkk dalam peningkatan ekonomi melalui pengelolaanhasil budidaya tambak di Dusun Margorukun Desa Margoanyar Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan guna dalam bentuk pengelolaan budidaya tambak dengan dakwah pemberdayaan masyarakat islam. Aset yang terdapat di masyarakat adalah melimpahnya wilayah tambak. Selain ini tujuan dari proses pendampingan adalah strategi pengelolaan budidaya tambak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Jenis penelitian dalam pendampinganimenggunakan metodei Assett Basedi Communityy Developmentt (ABCD) yakni dimana ipendampingan kelompok ibu-ibui pkk dilaksanakan dengan memobilisasi dan pemanfaatan aset guna tujuan bersama yang diinginkan. Dalam metode ABCD ini melakukan lima tahapan yaknii :Discoveryi, Dreamm, Designi, Define, dan Destinyy. Harapan dari program yangi dilaksanakani menghasilkan hasil yang baik. Hasil dari strategi pendampingan dilaksanakan yaitu: (1) Kelompok ibu PKK bisa mengembangkan ekonomi dengan memanfaatkan asetyang ada, (2) Kelompok ibu PKK mengetahui strategi yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif yaitu mengadakanpelatihan, (3) Kelompok ibu PKK bisa menghasilkan produk krupuk hasil pengolahan melalui pelatihan pengelolaan hasil budidaya tambak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviani, Alifia Zulazulaalifia@gmail.comB92217093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pendampingan; bimbingan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alifia Zula Noviani
Date Deposited: 30 Jul 2023 12:17
Last Modified: 30 Jul 2023 12:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53751

Actions (login required)

View Item View Item