Pengembangan media konseling Aku Bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasinta, Nindya Pujiati (2022) Pengembangan media konseling Aku Bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nindya Pujiati_B73218104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Media Konseling Aku Bisa Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja. Masa remaja adalah masa peralihan, dimana masa remaja penuh dengan tantangan menuju kedewasaan. Untuk itu diperlukan kepercayaan diri. Percaya diri adalah sikap yang kuat dan penuh keyakinan terhadap apa yang dilakukan seseorang. Dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja dapat dilatih. Dalam hal ini peneliti menggunakan sebuah media konseling aku bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. Media aku bisa adalah suatu media kartu bermain peran yang akan dilakukan oleh konseli dalam kelompok bermain yang bertujuan untuk melatih kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuantitatif yang didapatkan melalui pengumpulan data berupa observasi,kuesioner dan wawancara. Terdapat 7 tahapan yang telah dilakukan oleh peneliti potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan hasil penggunaan produk. Dalam media konseling aku bisa ini terdapat 3 aspek yang akan dicapai yaitu aspek memahami diri, kognitif, dan linguistik. Tujuannya agar timbul keyakinan untuk bertindak dan berperilaku. Penerapan media ini menggunakan teknik role playing yang diharapkan dapat membantu konseli mengekpresikan dan melatih diri untuk berperilaku percaya diri. Hasil dari penelitian media konseling aku bisa ini yaitu layak digunakan sebagai media konselingyang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasinta, Nindya Pujiatib73218104@uinsby.ac.idB73218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id196804132014112001
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan
Keywords: Media Konseling Aku Bisa; Kepercayaan Diri; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nindya Pujiati Yasinta
Date Deposited: 05 Jul 2022 23:08
Last Modified: 05 Jul 2022 23:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53755

Actions (login required)

View Item View Item