Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Asas Presumtio Justae Causa dengan penundaan keputusan tata usaha negara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahad, Muhammad Afham (2020) Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Asas Presumtio Justae Causa dengan penundaan keputusan tata usaha negara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afham Syahad_C05215029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sifat penelitiannya yakni deskriptif analisis, dan sumber data yang digunakan yakni data bahan hukum primer dan sekunder. Teknik perolehan data dengan teknik dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui analogi deduktif. Hasil penelitian ini memberikan dua kesimpulan yakni pertama, sebuah asas Asas Presumtio Justae Causa harus ditinjau kembali karena tidak setiap saat lembaga peradilan Tata Usaha Negara belum bisa mengimplementasikan asas tersebut. Sebab masih ada Undang-undang yang mengatur penundaan keputusan Tata Usaha Negara yang terdapat dalam pasal 67 Undangundang Nomor 5 Tahun 1986 Jo Undang - undang Nomor 9 Tahun 2004 Jo Undang – undang Nomor 51 Tahun 2009. Kedua, dalam hal ini jika ditinjau dari Fiqih Siyasah Dusturiyah dan di dalam ruang lingkupnya ,sebuah keputusan harus di lakukan dengan se adil adilnya tanpa memandang kasta sehinnga keberadaan sebuah undang – undang bisa di lakukan se baik mungkin. Sejalan dengan kesimpulan di atas, harusnya peradilan TUN bisa benar – benar meninjau asas tersebut sehinnga tidak ada pihak lain yang di rugikan, dan peradilan pun ketika mengeluarkan sebuah keputusan harus dengan seadil – adilnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahad, Muhammad AfhamJ71215061@uinsby.ac.idC05215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadhifah, Nurul Asiyaifa_nadhifah@yahoo.co / nurulasiya@uinsby.ac.id2023047502
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Asas Presumtio Justae Causa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhammad Afham Syahad
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:44
Last Modified: 05 Jul 2022 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53772

Actions (login required)

View Item View Item