Analisis wacana pesan dakwah Rey Mbayang dalam lirik lagu "Di Sepertiga Malam"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annisa, Qhoirun (2022) Analisis wacana pesan dakwah Rey Mbayang dalam lirik lagu "Di Sepertiga Malam". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qhoirun Annisa_B91218130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memiliki pasangan hidup yang yang baik, saleh, paham dengan ajaran agama serta dapat menghormati satu sama lain merupakan impian hampir semua orang. Agama Islam memiliki cara-cara tersendiri untuk mengabulkan permintaan umatnya untuk mendapatkan pasangan yang diinginkan. Pada tahun 2020 lalu, seorang penyanyi bernama Rey Mbayang menceritakan kisahnya dalam menjemput kekasih impiannya melalui lagu yang ia ciptakan sendiri dengan judul “Di Sepertiga Malam”. Penelitian ini mengkaji pesan dakwah yang disampaikan Rey Mbayang dalam lagunya yang berjudul “Di Sepertiga Malam”. Berfokus pada tiga rumusan masalah, peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui makna teks, kognisi sosial serta konteks sosial yang termuat dalam lirik lagu tersebut dengan menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam lagu “Di Sepertiga Malam” mengandung makna pesan dakwah sesuai dengan struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Selanjutnya dari segi kognisi sosial, pencipta lagu memiliki ilmu dan pengalaman dalam menjalankan ta’aruf sehingga apa yang tertuang dalam lirik lagu tersebut merupakan pengalaman pribadinya. Pada segi konteks sosial, kondisi masyarakat saat itu sedang terjadi kenaikan angka pernikahan dini yang disebabkan oleh krisis ekonomi, adat istiadat dan kondisi hukum di negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annisa, Qhoirunqannisa04@gmail.comB91218130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHananto, Priprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: di sepertiga malam; dakwah; lagu; analisis wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: qhoirun annisa
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:17
Last Modified: 06 Jul 2022 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53777

Actions (login required)

View Item View Item