Analisis hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli hoodie di instagram @stuff.bosskuu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdillah, Vicky Jovanka (2022) Analisis hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli hoodie di instagram @stuff.bosskuu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vicky Jovanka Ferdillah_ C92218176.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif. Selanjutnya setelah data-data diperoleh dan terkumpul maka akan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dengan pola pikir induktif, yaitu menganalisis praktik jual beli hoodie di akun Instagram @stuff.bosskuu dengan mengguanakan teori hukum islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa praktik jual beli hoodie di Instagram @stuff.bosskuu yaitu adanya kasus penjual memberikan keterangan yang tidak jelas atau tidak sesuai apa yang dikatakan di dalam potingan Instagram. Barang yang datang ditangan pembeli ternyata tidak sesuai dengan apa yang dikatakan penjual di mana barang yang datang ini merupakan barang palsu bukan original. Penjual memberikan barang palsu yang dirubah menjadi seperti mirip original. dalam hukum islam dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan jual beli hoodie diakun instagram @stuff.bosskuu ini tidak sah sebab dalam syarat jual beli terdapat barang yang tidak sesuai dengan akad jual beli pada akun instagram tersebut dan dalam ijab qabul juga tidak sesuai, dimana qabul tidak sesuai dengan akad. Kemudian dalam hak khiyar terdapat ketidaksesuaian dalam khiyar aib dimana tidak sesuai dengan teori pengembalian barang aib bahwa waktu pengembalian aib tidak terbatas, kapanpun saat aib tersebut ditemukan. Lalu analisis dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dalam hal ini penjual melanggar poin-poin yang terdapat pada UU Perlindungan Konsumen, dimana penjual melanggar pasal 4 poin 1, 3, 4, 7 dan 8 UU Perlindungan Konsumen. Kemudian penjual sebagai pelaku usaha juga melanggar poin poin dalam pasal 7 UU Perlindungan Konsumen yang berisikan tentang kewajiban pelaku usaha, poin yang tidak sesuai ialah pada pasal 7 poin b, c, dan g. Konsumen juga bisa menuntut pelaku usaha yang sesuai pada Pasal 4 poin (5) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 atas apa yang terjadi dalam praktik jual beli tersebut. Atas kesimpulan di atas, maka penulis dapat menyarankan kepada penjual agar berperilaku jujur dalam transaksi jual beli hoodie ini dan untuk penjual segera memberikan ganti rugi kepada para konsumen yang membeli barang tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdillah, Vicky Jovankavickyjovankaf@gmail.comC92218176
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSumarkan, Sumarkan--2010086401
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Perlindungan Konsumen
Keywords: hukum Islam; UU Perlindungan Konsumen; jual beli hoodie
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Vicky Jovanka Ferdillah
Date Deposited: 07 Jul 2022 00:11
Last Modified: 07 Jul 2022 00:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53798

Actions (login required)

View Item View Item