Pengembangan media game based learning (Islamic monopoly) pada materi menelusuri tradisi Islam di nusantara kelas IX UPT SMP Negeri 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Any (2022) Pengembangan media game based learning (Islamic monopoly) pada materi menelusuri tradisi Islam di nusantara kelas IX UPT SMP Negeri 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Any Rahmawati_D71218058.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran dibutuhkan kualitas pembelajaran yang baik agar materi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan maksimal. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan PLP II bulan September-November 2021 peneliti menemukan potensi yang dimiliki oleh UPT SMP Negeri 3 Gresik sebagai sekolah berbasis IT, yakni labolatorium komputer serta diperbolehkannya peserta didik membawa handphone ke sekolah untuk keperluan belajar. Namun pada praktiknya pendidik masih kurang dalam memanfaatkan fasilitas tersebut. Selain itu peserta didik kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama materi sejarah. Hal tersebut dikarenakan metode dan media yang digunakan oleh pendidik kurang menarik dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk menciptakan media baru yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi terhadap rendahnya minat peserta didik dalam belajar terutama materi sejarah yang memiliki tingkat hafalan tinggi serta materi yang membosankan. Penelitian ini termasuk penelitian R&D dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono dalam 10 tahapan. Dalam vaidasi Game Islamic Monopoly menggunakan validasi media dan validasi ahli materi dengan hasil validasi ahli media sebesar 84.5% dengan kategori “layak” dan layak digunakan dengan revisi kecil. Adapun revisi dari ahli media terdapat pada aspek tampilan dan aspek efisiensi waktu. Sedangkan pada validasi ahli materi mendapatkan hasil 93.13% dengan kategori “sangat valid” dan layak digunakan tanpa revisi, sehingga materi pada media tidak terdapat revisi. Tingkat kelayakan media Islamic Monopoly secara keseluruhan sebesar 88.82% dengan kategori “sangat valid” dan layak digunakan tanpa revisi. Untuk memperoleh tingkat kemenarikan media diperoleh dari angket respon pengguna dengan dua kali uji coba. Pada uji coba produk dengan 8 peserta didik memperoleh nilai 94.17% dengan kategori “sangat menarik” dan layak digunakan, pada uji I coba ini tidak terdapat revisi karena hasil menunjukkan persentase yang tinggi dan dengan kategori yang “sangat menarik”. Uji coba pemakaian dilakukan pada 30 peserta didik kelas IX C memperoleh hasil 93.56% dengan kategori “sangat menarik” dan layak digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil validasi dan kemenarikan media, game Islamic Monopoly dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara kelas IX.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Anyanyrahmawati26@gmail.comD71218058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husinyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRahman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Media game; based learning; tradisi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Any Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:13
Last Modified: 07 Jul 2022 05:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53811

Actions (login required)

View Item View Item