Klasifikasi citra penyakit leukemia menggunakan Convolutional Neural Network dengan arsitektur Inception-v3

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kapa, Mujiibur Rahman (2022) Klasifikasi citra penyakit leukemia menggunakan Convolutional Neural Network dengan arsitektur Inception-v3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mujiibur Rahman Kapa_H72217034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penderita leukemia memiliki risiko kematian yang sangat tinggi, namun dapat dikurangi dengan dilakukan pengobatan secara dini. Pada umumnya diperlukan seorang dokter ahli, biaya dan waktu yang lama untuk melakukan diagnosis penyakit leukemia secara manual. Proses diagnosis manual yang dilakukan seorang dokter juga berisiko terjadinya kesalahan (human error). Hal ini dapat mengakibatkan penderita terlambat dalam pengobatan penyakit leukemia. Pada penelitian ini, dibentuk suatu sistem klasifikasi citra mikroskopis sel tunggal untuk diagnosis penyakit leukemia secara otomatis menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) dengan arsitektur Inception-v3. Proses augmentasi diterapkan untuk meningkatkan keragaman data, sehingga mampu mengurangi overfitting. Selanjutnya dilakukan uji coba nilai hyper-parameter sistem untuk meningkatkan kinerja Inception-v3 dalam klasifikasi citra penyakit leukemia. Uji coba yang dilakukan diantaranya: nilai learning rate, batch size dan penggunaan metode optimasi RMSProb. Hasil uji coba terbaik klasifikasi penyakit leukemia menggunakan Inception-v3 adalah: akurasi sebesar 100%, sensitifitas sebesar 100%, dan spesitifitas sebesar 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kapa, Mujiibur Rahmanmark.rahman22@gmail.comH72217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com197312252006041001
Subjects: Matematika
Keywords: Citra Mikroskopis; Leukemia; Klasifikasi; CNN; Inception-v3
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mujiibur Rahman Kapa
Date Deposited: 10 Jul 2022 00:20
Last Modified: 10 Jul 2022 00:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53822

Actions (login required)

View Item View Item