Perilaku investor Muslim millennial dalam industri crypto asset di Jawa Timur perspektif ekonomi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iman, Aldi Khusmufa Nur (2022) Perilaku investor Muslim millennial dalam industri crypto asset di Jawa Timur perspektif ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldi Khusmufa Nur Iman _ 02040320004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena meningkatnya investor crypto asset di Indonesia sangat signifikan. Investasi crypto asset di Indonesia didominasi oleh generasi millennial. Pulau Jawa merupakan wilayah dengan jumlah investor terbanyak di Indonesia. Perilaku investor berperan penting dalam pengambilan keputusan investasi, karena sebuah keputusan investasi yang tepat tidak hanya pada aspek rasional melainkan irasional. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku investor Muslim millennial dalam industri crypto asset di Jawa Timur, mengetahui karakteristik investor Muslim millennial dalam industri crypto asset di Jawa Timur dan mengetahui perspektif ekonomi Islam terhadap perilaku investor Muslim millennial dalam industri crypto asset di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data di peroleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori investasi, theory of planned behavior, behavioral finance dan teori ekonomi Islam digunakan sebagai landasan teori serta alat untuk menganalisis hasil penelitian ini. Software Nvivo 12 Plus juga digunakan sebagai tools untuk mengatur, menganalisis, dan memvisualisasikan data serta menemukan pola yang ada di dalamnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi yang mereka lakukan selalu dilandasi alasan yang jelas, baik karena alasan masa depan, keuntungan, maupun lindung nilai. Dililhat dari karakteristik lima kelompok kepribadian investor maka urutan kelompok kepribadian investor di Jawa Timur terdiri dari Guardian, Individulist, Adventurer dan Celebrity, sedangkan kelompok perilaku Straight Arrow belum ditemukan. Jika ditelaah berdasarkan perspektif ekonomi Islam, kegiatan transaksi dan investasi crypto asset investor Jawa Timur belum sesuai dengan nilai-nilai dalam bisnis Islam, dikarenakan ada salah satu unsur dasar yang belum terpenuhi, yaitu Khalifah dan Istikhlaf. Penelitian ini dapat memberikan potret terkait perilaku investor serta proses pembelajaran secara lebih tepat bila ingin terjun ke industri crypto asset. Selain itu saran kedepan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memasukan informan wanita sebagai sudut pandang baru dalam meneliti perilaku investor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iman, Aldi Khusmufa Nur02040320004@student.uinsby.ac.id02040320004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Thesis advisorFauzia, Ika Yuniaika.yunia@perbanas.ac.id0702068201
Subjects: Ekonomi Islam
Investasi
Keywords: cryptocurrency; crypto asset; perilaku investor; perilaku keuangan; Muslim
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aldi Khusmufa Nur Iman
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:04
Last Modified: 08 Jul 2022 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53823

Actions (login required)

View Item View Item